Kunjungan IOWA State University of Science and Technology ke Universitas Al Azhar Indonesia

20 June 2011
1177 Views
Comments are off for this post

Kamis (16/06/2011), Universitas Al Azhar Indonesia mendapatkan kunjungan dari universitas tertua di daerah barat Sungai Mississippi, IOWA State University of Science and Technology. Rombongan terdiri dari tujuh orang mahasiswa IOWA State University of Science and Technology, seorang mahasiswi Indonesia yang belajar di IOWA State University of Science and Technology serta Prof. Dr. Linda Serra, Ph. D. Adapun maksud dari kunjungan ini adalah untuk melihat secara dekat proses kegiatan belajar mengajar di Universitas Al Azhar Indonesia. Selain itu, rombongan IOWA State University of Science and Technology bermaksud untuk melihat fasilitas-fasilitas pendukung seperti, laboratorium, kelas dan pusat-pusat studi yang ada di Universitas Al Azhar Indonesia.

Kunjungan dimulai dengan kegiatan penyambutan di ruang rektor. Rombongan disambut oleh Bapak Dr. Ahmad H. Lubis, M.Sc selaku Wakil rektor 3. Usai menerima sambutan hangat dari Bapak Wakil Rektor 3, rombongan melangkahkan kaki menuju ruangan Bank CIMB Niaga. Disini, rombongan dari IOWA State University of Science and Technology dan keluarga besar Universitas Al Azhar Indonesia saling bertukar ide dan informasi mengenai visi misi, sistem edukasi, kampus serta lingkungan masing-masing.

Sesi tanya jawab dibuka usai sesi pengenalan diri kedua universitas berlangsung. Bioteknologi, sistem pengajaran, kebudayaan, serta kebijakan publik merupakan beberapa tema yang diangkat dalam sesi tanya jawab. Namun dari sekian banyak pertanyaan, ada salah satu pertanyaan yang cukup mengesankan. Salah satu mahasiswa dari Universitas Al Azhar Indonesia ingin mengetahui bagaimana perlakuan bagi mahasiswa muslim yang ada di IOWA State University of Science and Technology. Sebagai salah satu orang yang cukup penting di IOWA State University of Science and Technology, Prof. Dr. Linda Serra, Ph. D mengungkapkan bahwa tidak ada diskriminasi bagi mahasiswa muslim di IOWA State University of Science and Technology. Beliau menjamin bahwa semua mahasiswa dari semua latar belakang kebudayaan, suku, ras dan agama diterima dengan baik di IOWA State University of Science and Technology.

[nggallery id=23]

Tidak hanya keluarga besar Universitas Al Azhar Indonesia yang mendapat kesempatan untuk bertanya kepada rombongan dari IOWA State University of Science and Technology. Ke tujuh mahasiwa dari IOWA State University of Science and Technology juga diberikan kesempatan untuk menanyakan beberapa pertanyaan kepada mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia. Pertanyaan alasan mengapa berkuliah di Universitas Al Azhar Indonesia serta bidang ilmu apa yang diambil oleh mahasiswi yang berkuliah di Universitas Al Azhar adalah pertanyaan yang ditanyakan oleh mahasiswa asal IOWA State University of Science and Technology.

Usai sesi ramah tamah, pengenalan diri masing-masing kampus serta tanya jawab berlangsung. Rombongan IOWA State University of Science and Technology ditemani oleh keluarga besar Universitas Al Azhar Indonesia, mendapat kesempatan untuk melakukan tur kecil keliling kampus. Ruang kelas 317b, Auditorium Arifin Panigoro, Sekertariat Fakultas Sastra, Sekertariat Fakultas Science and Technology serta tidak ketinggalan Pusat Studi Bahasa Mandarin menjadi beberapa fasilitas Universitas Al Azhar Indonesia yang dapat mereka lihat.

[nggallery id=24]

Puas melihat fasilitas-fasilitas yang ada di Universitas Al Azhar Indonesia, rombongan IOWA State University of Science and Technology kembali ke ruang Bank CIMB Niaga. Perbincangan santai sembari menikmati hidangan yang sudah sediakan menjadi acara terakhir dari kunjungan kali ini. Usai berbincang santai, rombongan IOWA State University of Science and Technology bersiap-siap untuk mengunjungi tempat yang sudah mereka jadwalkan sebelumnya. Perpisahaan di lobby utama Universitas Al Azhar Indonesia menjadi salam perpisahaan antara kedua universitas. Semoga dengan kunjungan singkat kali ini, membuka hubungan baik antara kedua Universitas. Salam hangat kami dari Universitas Al Azhar Indonesia untuk IOWA State University of Science and Technology.

[nggallery id=26]