Perayaan 65 Tahun Prof. Erman Rajagukguk S.H., LLM,. Ph.D.

22 June 2011
3698 Views
Comments are off for this post

Selasa (21/06/2011). Dalam rangka memperingati ulang tahun ke 65 tahun Prof. Erman Rajagukguk S.H., LLM,. Ph.D., sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas Al Azhar Indonesia merayakan dengan cara yang bermanfaat bagi orang banyak, khususnya bagi masyarakat akedemisi. Beliau merayakan ulang tahunnya, dengan mengadakan sebuah ceramah tentang “Kriminalisasi Transaksi Bisnis”. Ceramah yang diadakan di ruangan Auditorium Arifin Panigoro dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Hukum, mantan mahasiswa bimbingan beliau serta beberapa pengajar baik dari Universitas Al Azhar Indonesia maupun dari Universitas Indonesia. Adapun kuliah umum tentang “Kriminalisasi Transaksi Bisnis” merupakan salah satu bab yang dibahas di dalam buku beliau yang berjudul “Butir-Butir Hukum Ekonomi” (Jakarta : Lembaga Studi Hukum dan Ekonomi FH UI, 2011).

Disamping memberikan kuliah umum, beliau juga memamerkan 40 disertasi dari mahasiswa bimbingannya. Selain itu, beliau juga membagikan buku yang berjudul “Butir-Butir Hukum Ekonomi”. Isi buku ini adalah bahan ceramah beliau di beberapa Fakultas Hukum serta karangan-karangan lainnya yang beliau susun untuk mengingatkan kita kepada masalah-masalah hukum ekonomi yang perlu mendapat perhatian bagi tegaknya hukum dan lancarnya perekonomian bangsa. Adapun sumber inspirasi beliau di dalam menulis buku ini, beliau dapatkan dari kuliah-kuliah yang pernah beliau berikan, serta masalah-masalah hukum ekonomi yang aktual sekarang ini. Menurut beliau, tanpa adanya pembaharuan hukum mengenai keuangan negara, tindak pidana anti korupsi, larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, maka ekonomi kita tidak akan maju, bahkan terhambat-hambat, yang akhirnya berujung kepada kemunduran. Jika perbaharuan itu tidak dilaksanakan, hukum tidak berperan dalam pembangaunan ekonomi.

[nggallery id=29]

Profil Singkat Prof. Erman Rajagukguk S.H., LLM,. Ph.D.

Lahir di Padang 1 Juni 1946. Semasa mahasiswa, pernah menjadi Sekertaris Jendral Ikatan Mahasiswa Hukum Indonesia (1973-1975), Staf pada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta (1968-1974) dan wartawan “HARIAN KAMI” sampai surat kabar tersebut dibredel (1974). Mendapat S.H. (Sarjana Hukum) dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (1975). Kemudian disumpah menjadi Advokat oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta (1975). Membuka kantor konsultan hukum “Erman & Associates” (1975-1980) dan menjadi Konsultan Hukum pada “Adnan Buyung Nasution & Associates” (1980-1982). Menjadi Redaktur majalah “Hukum dan Pembangunan” Fakultas Hukum Universitas Indonesia (1975-1980). Melanjutkan studi ke Amerika Serikat (1982-1988) dan mendapat LL.M dari University of Washington, School of Law, Seattle (1984) dan Ph.D dari universitas yang sama (1988).

Sekembalinya ke Indonesia, malanjutkan lagi kegiatan sebagai Konsultan Hukum dan memberi kuliah di bertbagai universitas. Kemudian diangkat sebagai Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Hukum Universitas Indonesia (1990-1994). Pada tahun 1997 diangakat menjadi Gurubesar Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Setahun kemudian diangkat menjadi Direktur Jendral Hukum & Perundang-Undangan Departemen Kehakiman Republik Indonesia (1998). Delapan bulan kemudian diangkat sebagai Wakil Sekertaris Kabinet Republik Indonesia sampai April 2005. Menjadi Ketua Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2000-2004). Menerima pengahargaan dari University of Washington Chapter of The Order of the Coif pada November 28, 2001 karena kesetiannya kepada dunia akademis dan pengabdiannya kepada masyarakat. Sebagai Wakil Sekertaris Kabinet, salah satu tugasnya adalah mengkooordinir pembahasan peraturan perundang-undangan antar Departemen, sebelum diajukan kepada Sekertaris Kabinet untuk disampaikan kepada Presiden,. Sejak menjadi Gurubesar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (1997), beliau telah menjadi promotor 40 doktor Ilmu Hukum, 11 diantaranya menjadi Gurubesar.

Selain mengajar di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, beliau pernah memberi kuliah juga pada Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara-USU (medan), Universitas Islam Indonesia-UII (Yogyakarta), Universitas Surabaya-UBAYA (Surabaya). Menjadi Dekan Fakultas Hukum Universitas Al Azhar Indonesia (2005-sekarang).

Beberapa buku yang telah diterbitkan antara lain “Hukum Agraria, Pola Penguasaan Tanah, dan Kebutuhan Hidup” (Jakarta : Ghalia, 1990), “Abritrase Dalam Putusan Pengadilan” (Jakarta : Chandra Pratama, 1998), “Nyanyi Sunyi Kemerdekaan ; Menuju Indonesia Negara Hukum Demokratis” (Jakarta : Lembaga Studi Hukum dan Ekonomi FH UI, 2006), “Hukum Investasi di Indonesia” (Jakarta : Fakultas Hukum Universitas Al Azhar Indonesia, 2007), “Yustisia : Hukum Dan Masyarakat” (Jakarta : Lembaga Studi Hukum dan Ekonomi FH UI, 2009), “Perseroan Terbatas, Keuangan Negara, Dan Tindak Pidana Korupsi” (Jakarta : Lembaga Studi Hukum dan Ekonomi FH UI, 2009).

[nggallery id=30]