2011 China Summer Camp Preparation

5 July 2011
1760 Views
Comments are off for this post

Sabtu (02/06/2011). Sejumlah orang tua beserta anak-anaknya, perwakilan dari Fujian Normal University yang ada di Pusat Bahasa Mandarin Universitas Al Azhar Indonesia, beberapa tokoh Tiong Hoa dan Drs. H. Murni Djamal, M.A, selaku Dekan Fakultas Sastra Universitas Al Azhar Indonesia berkumpul di ruangan 516 dan 517 untuk membicarakan tentang keberangkatan Putra Putri Indonesia dalam rangka mengikuti 2011 China Summer Camp.

Adapun tujuan dari acara 2011 China Summer Camp adalah untuk memberikan pengetahuan tentang kebudayaan China secara langsung kepada Putra Putri Indonesia. Acara yang dijembatani oleh Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) merupakan salah satu upaya UAI dalam rangka membantu mengembangkan potensi-potensi Putra Putri Indonesia dalam bidang bahasa dan kebudayaan asing. Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi yang menerima semua etnis, suku bangsa, dan agama, UAI mempunyai visi menjadi salah satu dari lima perguruan tinggi terbaik di wilayah ASEAN pada tahun 2015. Untuk mencapai visi dan menjawab tantangan era globalisasi, pengusaan bahasa asing bagi seluruh Civitas Akademika, termasuk tentunya mahasiswa UAI bukan lagi suatu keharusan, tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan.

Selain itu juga, UAI sendiri merupakan salah satu dari 6 universitas yang ditunjuk oleh Kementrian Pendidikan Nasional (KEMENDIKNAS) untuk mendirikan Pusat Bahasa Mandarin. Dan, bekerjasama dengan Fujian Normal University, UAI telah berhasil mendirikan Pusat Bahasa Mandarin. Pusat Bahasa Mandarin ini juga merupakan salah satu upaya UAI dalam mengoptimalkan pendidikan bahasa dan kebudayaan Cina bagi masyarakat Indonesia.

2011 China Summer Camp sendiri akan diikuti oleh 50 orang delegasi dari Indonesia. Dan, Indonesia mendapatkan porsi pengiriman delegasi lebih banyak jika dibandingkan negara lain yang hanya mendapatkan jatah sebanyak 20 orang peserta. Delegasi 2011 China Summer Camp akan berada di kota Fujian dari tanggal 4 Juli hingga 17 Juli 2011. Disana, bersama dengan delegasi dari negara Malaysia, Singapura, Filipina dan Myanmar, delegasi Indonesia akan mengunjungi Fujian Normal University dan akan mempelajari kebudayaan Cina. Selain itu juga para delegasi juga akan menikmati bagaimana dunia kampus yang ada di Cina.

[nggallery id=35]