Dua Mahasiswa UAI dalam Seliger 2011 Perkemahan Pemuda Terbesar di Dunia, Russia

26 July 2011
1298 Views
Comments are off for this post

 

Menjadi pemuda prestatif dengan membawa nama baik almamater dan bangsa di kancah internasional sepatutnya menjadi impian bagi pemuda Indonesia. Hal tersebut yang telah dilakukan oleh dua mahasiswa UAI yakni Nuraini Anita Russian (Sastra Inggris) dan Edwinnata Bustami (Biologi). Mereka berdua terpilih untuk mewakili Indonesia mengikuti International Youth Forum Seliger 2011 bersama lima mahasiswa lainnya yang berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Intitut Pertanian Bogor dan Universias Machung.

Seliger merupakan program pemerintah Rusia yang diselenggarakan oleh Federal Agency on Youth Affairs pada 1-9 Juli 2011 di Danau Seliger, Rusia. Perkemahan pendidikan internasional ini didisain untuk para pemimpin dan profesional muda dari seluruh dunia agar mengembangkan pengetahuan, bertukar pikiran dan ide untuk merespon isu-isu global, serta membangun jaringan internasional. Sebanyak 1000 peserta Rusia dan 700 peserta internasonal dari 87 negara di lima benua dikelompokkan ke dalam empat bidang yakni World Politic, Mass Media, Business and Innovation dan Community Develompent.

[nggallery id=53]

Pemerintah Federasi Rusia memberikan fasilitas berupa akomodasi, dan visa. Biaya perjalanan para delegasi Indonesia didanai oleh Kementrian Pendidikan Nasional melalui Beasiswa Unggulan yang dikelola oleh Biro Perencanaan Perjalanan dan Kerjasama Luar Negeri. Beasiswa Unggulan bertujuan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Indonesia yang mendukung pembangunan. Program Beasiswa Unggulan merupakan kesempatan bagi para pelajar Indonesia untuk berprestasi di kancah internasional. Selain itu partisipasi ketujuh pemuda ini juga didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moscow.

Para delegasi Indonesia berkesempatan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dalam Global Village dengan membagikan souvenir khas daerah Indonesia dan penampilan Busana Batik. Selain itu pada Malam Budaya mereka juga menampilkan tari Sajojo pada. Anita dan Edwin unjuk gigi mendemonstrasikan pencak silat dan mendapat sambutan baik dari para peserta dan panitia Seliger. 

Keikutsertaan Edwin dan Anita juga tak lepas dari dukungan pihak-pihak internal UAI khususnya Wakil Rektor II Bapak Drs. Bambang Wahyu Kristanto dan Wakil Rektor III Bapak  Dr. Ahmad H. Lubis, M. Sc. Diharapkan prestasi ini bisa mendorong para pemuda Indonesia lainnya agar termotivasi untuk mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia agar lebih dikenal oleh masyarakat Internasional, Bravo UAI.

Untuk  link official video Seliger 2011, Russia silahkan click Link dibawah ini :

http://www.youtube.com/watch?v=ZO-D6NbgoDg