Universitas AI Azhar Indonesia Executive Lecture Series on Innovation Bersama Menteri Kehutanan Republik Indonesia

28 July 2011
1303 Views
Comments are off for this post

Selasa (26/07/2011). Auditorium Arifin Panigoro yang berada di lantai 3 Universitas Al Azhar Indonesia dipenuhi oleh beberapa mahasiswa, dosen, perwakilan dari BPPT (Badan Pengkaji dan Penerapan Teknologi), perwakilan dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), serta perwakilan dari Universitas YARSI. Apa geranganan yang membuat orang-orang tersebut berada di auditorium Arifin Panigoro? Orang-orang tersebut berada di auditorium Arifin Panigoro untuk mengikuti UAI (Universitas Al Azhar Indonesia) Executive Lecture Series on Innovation bersama dengan Menteri Kehutanan Republik Indonesia, Bapak Zulkifli Hasan, SE., MM.

Dalam UAI Executive Lecture Series on Innovation kali ini, Menteri Kehutanan Republik Indonesia mengangkat tema “Peranan Inovasi dalam Pengelolaan Hutan: Menghadapi Tantangan Perubahan Iklim dan Lingkungan melalui Green Industry”. Sebagai orang nomor satu yang memahami seluk beluk perhutanan di Indonesia Bapak Zulkifli membagi ilmu yang dimilikinya kepada para hadiri. Dikesempatan kali ini, beliau membahas bagaimana inovasi mampu mengelola hutan yang ada di Indonesia agar tetap menjadi salah satu paru-paru di dunia. Sayangnya, konsep, penemuan dan inovasi yang telah dikembangkan serta diharapkan mampu untuk menjaga hutan di Indonesia, ternyata masih memiliki kelemahan dalam hal implementasi. Sebagai negara nomor 3 yang memiliki hutan terbesar di dunia, Indonesia masih memiliki banyak flora dan fauna yang sudah/belum diketahui. Oleh sebab itulah, inovasi-inovasi dibutuhkan untuk mengeksplorasi hutan Indonesia lebih dalam lagi. Selain itu juga, dengan melalui inovasi, kita bisa mengolah hutan di Indonesia menjadi lebih produktif bagi rakyat Indonesia, tambahnya. Beliau juga mengungkapkan, bahwa dengan mengelola hutan yang ada di Indonesia, kita tidak perlu lagi mengirimkan tenaga kerja ke luar negeri.

[nggallery id=54]

Dalam acara ini juga, Bapak Prof. Dr. Ir. Zuhal, M.Sc.E.E selaku Rektor Universitas Al Azhar Indonesia dan Ketua Komite Inovasi Nasional Indonesia ikut memberikan pandangannya kepada hadirin yang datang. Beliau mengungkapkan bahwa dengan adanya inovasi-inovasi yang ada di dunia pendidikan, kita bisa menjadi bangsa yang lebih baik dan mampu menghadapi persaingan tingkat global. Inovasi di dunia pendidikan ini akan membawa dampak kesemua sektor yang ada disebuah negara. Tidak hanya sektor lingkungan hidup, tetapi juga sektor ekonomi, politik, sosial, dan keamanan nasional bisa berkembang kearah yang lebih baik. Untuk itulah UAI hadir untuk menjawab tantangan dalam bidang inovasi pendidikan. Sebagai universitas yang memegang tagline An Enterprising University, UAI berupaya untuk memajukan bangsa Indonesia melalui inovasi-inovasi pendidikan yang dikembangkannya.

Selain dihadiri oleh Menteri Kehutanan Republik Indonesia dan Rektor UAI yang sekaligus menjadi Ketua Komite Inovasi Nasional, acara ini juga dihadiri Bapak Prof. Dr. Lukman Hakim sebagai Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Tatang A Taufik sebagai Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT), serta Prof. dr. Abdul Salam M. Sofro, PhD., SpKT(P) sebagai Rektor Universitas YARSI. Di acara ini juga, UAI menandatangani Memorandum of Understanding dengan ketiga lembaga tersebut.

[nggallery id=55]