Jalinan Kerjasama Antara Universitas Al Azhar Indonesia dengan Jobstreet Indonesia

2 August 2011
1851 Views
Comments are off for this post

Salah satu pekerjaan inti dari Biro Kemahasiswaan, Alumni, dan Pengembangan Karir UAI (Universitas Al Azhar Indonesia) adalah melakukan penyebarluasan informasi lowongan kerja, bursa kerja, lowongan magang, dan informasi karir lainnya yang dibutuhkan oleh mahasiswa dan alumni UAI. Biro Kemahasiswaan, Alumni, dan Pengembangan Karir UAI juga berkewajiban memfasilitasi adanya berbagai pelatihan dan seminar pengembangan karir untuk melengkapi mahasiswa dan alumni tersebut menjadi lebih siap  kerja. Selain itu, Biro Kemahasiswaan, Alumni, dan Pengembangan Karir UAI berkewajiban menyelenggarakan Job Fair (Bursa Kerja) dan mendatangkan berbagai perusahaan untuk melakukan rekrutmen di kampus.

Berbagai tugas tersebut bukanlah hal yang mudah bila dikerjakan secara mandiri. Oleh sebab itu, Biro Kemahasiswaan, Alumni, dan Pengembangan Karir UAI memerlukan kerjasama dengan lembaga lain yang dapat membantu melaksanakan berbagai tugas tersebut, sekaligus dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada mahasiswa dan alumni. Salah satu lembaga yang dinilai tepat untuk diajak bekerjasama dalam layanan pengembangan karir adalah perusahaan online recruitment services seperti Jobstreet.com.

Kerjasama pengembangan karir di perguruan tinggi dengan lembaga tersebut, bukanlah hal yang baru. Universitas terkemuka seperti UI, IPB, UGM, Unpad, dan banyak PTN lain, telah melakukan kerjasama dengan lembaga tersebut. Begitu pula dengan berbagai PTS terkemuka seperti Binus, UPH,  dll. Oleh sebab itu, kerjasama antara UAI dengan perusahaan online recruitment services tersebut menjadi sesuatu yang penting dan mendesak agar UAI dapat memberikan yang terbaik bagi mahasiswa dan alumni UAI.

Berangkat dari kebutuhan itu, sejak pengembangan karir UAI telah menjajaki dan menjalin komunikasi dengan Jobstreet untuk mempelajari kemungkinan adanya kerjasama. Kerjasama antara UAI dan PT Jobstreet Indonesia telah secara resmi dilakukan dengan penandatanganan naskah kerjasama antara UAI dan Jobstreet pada hari Selasa, tanggal 26 Juli 2011. Penandatanganan dilakukan selesai acara Universitas AI Azhar Indonesia Executive Lecture Series on Innovation berlangsung. Pihak yang menandatangani dari pihak UAI adalah Dr. Ir. Ahmad H. Lubis, M.Sc., sedangkan dari pihak Jobstreet adalah Ibu Datin Rasidah Mahadi selaku Direktur PT Jobstreet Indonesia. Penandatanganan dilakukan di ruang  Auditorium Arifin Panigoro, Universitas Al Azhar Indonesia.

Adapun masa berlaku kerjasama adalah selama satu tahun dan dapat diperpanjang kembali. Dampak dari kerjasama ini, UAI akan mendapatkan informasi lowongan kerja yang bisa disebarluaskan ke mahasiswa/alumni UAI, mendapatkan seminar/training mengenai karir/dunia kerja untuk alumni/mahasiswa, mendapatkan fasilitas microsite berisi lowongan kerja di situs UAI, dan mendapatkan mitra utama dalam pelaksanaan job fair.

[nggallery id=56]