Kunjungan Wakil Menteri Pendidikan Cina

19 October 2011
896 Views
Comments are off for this post

Setelah sebelumnya Universitas Al Azhar Indonesia mendapatkan kunjungan resmi dari Perdana Menteri Cina, Wen Jiabao disela-sela kunjungan kenegaraan beliau ke Indonesia pada 28-30 April 2011. Kini giliran Wakil Menteri Pendidikan Cina, Hao Ping bertandang ke kampus yang ada di Komplek Masjid Agung Al Azhar. Datang bersama dengan rombongan, Bapak Wakil Menteri disambut oleh keluarga besar Universitas Al Azhar Indonesia. Paduan Suara Sastra Cina menyambut Bapak Wakil Menteri tersebut dengan lagu-lagu khas berbahasa cina. Tidak hanya mahir mendendangkan lagu berbahasa cina, Paduan Suara Sastra Cina juga mahir membawakan lagu tradisional Indonesia asal Maluku “Ayo Mama” yang liriknya telah digubah ke dalam bahasa cina.

Wakil Menteri disambut oleh Bapak Drs. H. Murni Djamal, M.A selaku Dekan Fakultas Sastra Universitas Al Azhar Indonesia, serta Bapak H. Hariri Hady, MA selaku Ketua Umum Yayasan Pesantren Islam Al Azhar. Rombongan Wakil Menteri bersama dengan Bapak Dekan Fakultas Sastra, Bapak Ketua Umum YPI Al Azhar serta beberapa orang Keluarga Besar Universitas Al Azhar Indonesia, berbincang santai di dalam ruang rektor Universitas Al Azhar Indonesia. Perbincangan mengenai, jalinan hubungan antara Indonesia dan Cina, pendidikan di Indonesia khususnya Universitas Al Azhar Indonesia serta keberadaan Pusat Bahasa Mandarin yang ada di Universitas Al Azhar Indonesia, menjadi topik yang dibincangkan kedua belah pihak.

[nggallery id=70]

Usai berbincang-bincang, Bapak Hao Ping beserta rombongan menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pusat Bahasa Mandarin yang ada di Universitas Al Azhar Indonesia. Universitas Al Azhar Indonesia sendiri, merupakan salah satu universitas yang ditunjuk langsung oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi sebagai salah satu universitas yang memiliki Pusat Bahasa Mandarin. Di Pusat Bahasa Mandarin ini, Bapak Hao Ping menyempatkan diri untuk melihat proses belajar native speaking yang biasa dilakukan oleh mahasiswa sastra cina. Selain melihat proses belajar, Bapak Hao Ping juga membubuhkan kaligrafi cina ke sebuah buku yang telah disediakan.

Puas melihat-lihat Pusat Bahasa Mandarin yang ada di Universitas Al Azhar Indonesia, Bapak Hao Ping bersama rombongan berfoto sejenak di depan Pusat Bahasa Mandarin UIniversitas Al Azhar Indonesia. Sesi foto ini juga pertanda berakhirnya kunjungan dari Wakil Menteri Pendidikan Cina tersebut. Salam hangat dari Keluarga Besar Universitas Al Azhar Indonesia untuk Bapak Hao Ping, Wakil Menteri Pendidikan Cina.

[nggallery id=71]