Menemukan Talenta Diri dalam UAI Career Fair & Training

27 October 2011
1215 Views
Comments are off for this post

Seminar yang dijadwalkan dimulai pada pukul Sembilan, mundur satu jam dari waktu yang ditentukan. Acara berlangsung pada ruang Auditorium Arifin Panigoro lantai 3, kampus Al Azhar Indonesia. Seminar dibuka oleh Rama Royani trainer dari Leadpro Consulting, Yaitu sebuah lembaga yang konsultan di Jakarta yang bertujuan untuk menemukan bakat dari diri masing-masing.

Isi dari seminar membantu mahasiswa yang akan lulus kuliah untuk menentukan pekerjaan sesuai dengan bakat yang dimilikinya. Topik dibuka dengan karakter-karakter untuk mencapai sukses. Karakter itu adalah kerja keras, kreatif dan focus. Selanjutnya, peserta dipandu untuk menggali fitur uik dalam diri masing-masing.

Pembicara juga menampilkan film dokumenter , di antaranya “Ted 2010” yang berdurasi kurang dari lima menit. Film yang dibawakan oleh motivator dari Amerika tersebut membahas tentang krisis sumber daya manusia di dunia. Penyebabnya antara lain manusia jarang memanfaatkan talenta dari diri masing-masing. Disebutkan juga pendidikan menjadi faktor yang mengalihkan manusia dari talenta yang dimiliki. Film ditutup dengan pentingnya merevolusi pendidikan zaman sekarang.

[nggallery id=72]

Selain tips dan film dokumenter motivasi, pembicara mengadakan workshop mini untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari masing-masing peserta. Pembicara membagikan selembar kertas yang telah disiapkan oleh panitia. Lalu, pembicara memandu kolom-kolom yang terdapat dalam kertas dan peserta diminta untuk mengisi menurut kesesuaian sifat. Dalm waktu sepuluh menit dapat diketahui secara umum kelemahan dan kekuatan diri peserta.

Seminar ini merupakan bagian dari rangakaian UAI Career Fair & Training, hasil dari kerjasama antara Biro Kemahasiswaan, Alumni dan Pengembangan Karir serta PT. Jobstreet Indonesia. Acara yang belangsung dari 25-26 Oktober 2011, diisi dengan pameran pekerjaan (job fair), self assessment seminar, workshop serta cara pembuatan CV.

Tulisan merupakan karya Nurul Fitriani, Mahasiswi Ilmu Komunikasi.