Universitas Al Azhar Indonesia Career Fair & Training 2011

27 October 2011
1058 Views
Comments are off for this post

Manyambut wisuda VI tahun 2011, Biro Kemahasiswaan, Alumni dan Pengembangan Karir (BKAPK) bekerjasama dengan panitia wisuda VI, serta atas dukungan dari PT. Jobstreet Indonesia, menyelenggarakan acara UAI Career Fair and Training 2011 atau yang dikenal dengan UCT 2011. UCT 2011 diselenggarakan dengan berbagai kegiatan, antara lain: job fair (bursa kerja), seminar, pelatihan dan workshop yang ditujukan bagi lulusan sarjana UAI 2011 dan lulusan perguruan tinggi di wilayah Jabodetabek.

[nggallery id=74]

UCT merupakan suatu event career fair yang diselenggarakan oleh Biro Kemahasiswaan Alumni dan Pengembangan Karir UAI (Universitas Al Azhar Indonesia). Career Fair  ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, selasa (25/10) – rabu (26/10). Dalam acara ini terdapat pula bursa kerja, Amazing Fresh Grad Seminar, Self Assesment Seminar, Workshop, Scholarship Hunting dan Career Clinic.

Menurut ketua panitia UCT 2011, alasan diadakannya UCT ini adalah untuk membantu para alumni UAI dan perguruan tinggi lainnya memiliki motivasi yang tinggi serta mendapatkan pekerjaan. Ia juga menjelaskan bahwa UCT ini awalnya adalah suatu rangkaian menyambut wisuda ke VI. “UCT ini pertama kalinya diselenggarakan di Universitas Al Azhar dan mendapat dukungan penuh dari pihak kampus” jujurnya.

[nggallery id=75]

Dalam bursa kerja yang digelar di UCT ini terdapat 15 perusahaan besar yang bergerak di berbagai bidang. Berbagai perusahaan dalam acara UCT 2011 antara lain: Bank Syariah Mandiri, AUTO 2000/PT. Astra International, Medco Agro, HSBC, PT Chandra Madani Sejahtera, PT. Elso Consult dan lain-lain. Hadir pula American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) yang memberikan informasi berbagai peluang beasiswa studi lanjut di Amerika Serikat, Australia dan United Kingdom.

[nggallery id=76]

Dalam rangkaian acara bursa kerja ini juga terdapat seminar dan workshop. Seminar yang diadakan pada hari pertama adalah Amazing Fresh Grad Seminar. Pada seminar ini, panitia menghadirkan dr. Andhyka Sedyawan. #1 Amazing Life Coach in Asia dari Amazing You Institute. Sedangkan pada seminar hari kedua, panitia menampilkan Rama Royani (Abah Rama) Leadpro Consulting yang membantu peserta seminar untuk menumakan potensi dirinya masing-masing dengan metode self assessment yang dilakukannya. Lepas tengah hari, workshop career clinic dan workshop scholarship hunting dilakukan secara bersamaan pada emnpat yang berbeda. Narasumber untuk workshop career clinic adalah Ibu Ethika santi dari PT. Jobstreet Indonesia. Sedangkan narasumber workshop scholarship hunting adalah Ibu Erica Sjarif, koordinator AMINEF di Indonesia.

[nggallery id=77]

Menurut data panitia, selama 2 hari penyelenggaraan ini, UCT 2011 telah dikunjungi oleh lebih dari 500 orang. “Antusiasme dari mahasiswa UAI cukup tinggi, karena mereka tahu UCT ini, akan memudahkan mereka mendapatkan peluang kerja” lanjut ketua panitia.

Tulisan ini merupakan karya dari Agusnia Ayu dan Mulya Indriani, Mahasiswa Ilmu Komunikasi