Pelatihan Emotional And Spiritual Achievement (ESA) “increase your emotional and spiritual quotient to get a brighter future”

15 November 2011
1749 Views
Comments are off for this post

Maraknya tawuran, kasus bullying, dan fenomena kriminalitas di sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi, menimbulkan sebuah tanda tanya besar akan realisasi fungsi Pendidikan Nasional. Pendidikan Nasional yang pada hakikatnya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, ternyata berbanding terbalik dengan berbagai realitas yang ada. Adalah sebuah ironi, dimana Indonesia selalu menjadi pemborong medali dalam setiap kompetisi olimpiade sains internasional, namun di sisi lain, kasus siswa-siswi cacat moral seperti siswi married by accident, aksi pornografi, kasus narkoba, plagiarisme dalam ujian, dan sejenisnya, senantiasa  marak menghiasi sejumlah media.

[nggallery id=89]

Berdasarkan realitas tersebut, staf pengajar di Universitas Al Azhar Indonesia bekerja sama dengan Islamic Student Center (ISC) Yayasan al-Kahfi Jakarta (yang berkonsentrasi dalam bidang pendidikan moral), mengadakan sebuah pelatihan Emotional Spirit and Achievement (ESA) pada hari Sabtu, 12 November 2011. Bertempat di Universitas Al Azhar Indonesia, sebanyak 650 siswa/i dari SMA serta SMK yang berada di Jakarta dan sekitarnya ikut serta pada pelatihan yang sudah kedua kalinya diadakan. Siswa/i yang datang mendapatkan pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh dosen-dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia, serta saling berbagi pengetahuan bersama kakak-kakak pembina dari ISC Yayasan al-Kahfi Jakarta. Tidak hanya siswa/i yang mendapatkan pelatihan dan dapat berbagi pengalaman dengan kakak-kakak pembina ISC saja. Namun guru-guru yang hadir juga diberikan kesempatan oleh kakak-kaka pembina ISC untuk saling berbagi pengalaman dalam membimbing siswa dan siswi di sekolah masing-masing.

[nggallery id=90]

Melalui Pelatihan Emotional Spirit and Achivement, Universitas Al Azhar Indonesia berusaha ikut serta membantu pihak sekolah menengah dan perguruan tinggi, untuk memberikan wawasan dan pelatihan kepada remaja sebagai generasi penerus bangsa. Tujuan yang diharapkan nantinya adalah dapat membentuk kecerdasan emosional dan spiritual bagi generasi muda. Pelatihan tersebut dimaksudkan juga sebagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi komitmen Universitas Al Azhar Indonesia sebagaimana wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

[nggallery id=91]