Worskhop dan Forum Ekonomi Syariah Nasional: Penyusunan Kurikulum Fakultas Ekonomi Berbasis Nilai-Nilai Islam

28 November 2011
1613 Views
Comments are off for this post

Perkembangan bisnis Syariah khususnya pada industri perbankan Syariah terjadi sangat pesat di Indonesia dalam satu dasawarsa terakhir. Setidaknya menurut Bank Indonesia (2010), industri perbankan Syariah memerlukan tambahan tenaga kerja (sumber daya manusia) baru sebanyak 14.000 orang setiap tahunnya. Untuk itu, perguruan tinggi khususnya Fakultas Ekonomi perlu merancang kurikulum  pendidikan yang didasarkan kepada nilai-nilai Islam.

Menyadari pentingnya hal ini, Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Indonesia mengambil inisiatif untuk mengadakan Workshop dan Forum Ekonomi Syariah Nasional: Kampus Berbicara Kurikulum Fakultas Ekonomi Berbasis Nilai-Nilai Islam, pada hari Jum’at, tanggal 28 Oktober 2011. Kegiatan Workshop Nasional itu sendiri dilaksanakan di Hotel Sofyan Betawi Cut Mutia, Jakarta Pusat.

[nggallery id=92]

Kegiatan Workshop dan Forum Ekonomi Syariah Nasional itu dibuka dengan resmi oleh Rektor Universitas Al Azhar Indonesia, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Mahasiwa, Inovasi dan Kerjasama Internasional, Bapak Ir Ahmad H. Lubis, M,Sc, Ph.D.  Tampil sebagai Pembicara Utama adalah Bapak Mulya Siregar, Ph.D selaku Direktur Direktorat Perbankan Syariah, Bank Indonesia. Adapun yang bertindak sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut adalah Prof. Sayuti Hasibuan, Ph.D (Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Indonesia), Prof. Edy Suandi Hamid (Rektor Universitas Islam Indonesia), Dr. M. Arie Mooduto, SE, MBA ( Pengamat dan Praktisi serta Akademisi Ekonomi Islam), Prof. Sofyan Syafri Harahap, Ph.D ( Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti),  Prof. Komarrudin Hidayat, Ph.D (Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah) dan Prof. Dr. Ahmad Imam Dzajuli ( Kepala Program Studi S3 Ekonomi Islam, Universitas Airlangga). Diskusi tersebur dimoderatori oleh Bapak Ir. Adiwarman Karim, SE, MBA, MAEP (Direktur Utama PT Karim Business Consulting).

[nggallery id=93]

Kegiatan ini juga dihadiri setidaknya sekitar 150 orang pimpinan perguran tinggi, akademisi, praktisi dan mahasiswa  Fakultas Ekonomi di Indonesia. Tampak yang hadir diantaranya adalah Drs Syamsu A Makka (Rektor Universitas Az Zahra), Prof. Neng Amran (Guru Besar Akuntansi FE Universitas Padjadjaran), Prof. Arief ( Rektor  Universitas Indonesia Esa Unggul), Bapak Rizkullah (Direktur Utama Bank Negara Indonesia Syariah) dan  Bapak Herwin Bustaman (Kepala Unit Usaha Syariah HSBC Amanah Indonesia).

Workhsop malam tersebut  berjalan sangat dinamis dan menarik. Seluruh nara sumber manyampaikan gagasan dan idenya dengan jelas dan gamblang. Dalam kesempatan itu, Prof Sayuti Hasibuan menekankankan bahwa pentingnya dan ketiadaan pilihan lain bagi Fakultas Ekonomi di seluruh Indonesia untuk membangun kurikulum berdasarkan nilai-nilai Islam agar lulusan yang dihasilkan dapat memberikan kontribusi dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia saat ini.  Menurut Prof Sayuti, penyusunan kurikulum berdasarkan prinsip Syariah sudah mulai dilakukan di FE UAI. Hal senada, juga disampaikan oleh Prof. Edy Sudandi Hamid . Sementara Dr Arie Mooduto menekankan bahwa sebagai stakeholder Ekonomi Syariah apapun jabatan dan profesinya,semua harus berusaha untuk mengaplikasikan nilai-nilai Islam yang bersumber kepada Al-Quran dan hadist dalam seluruh dimensi kehidupan. Tanpa hal itu, maka perilaku stakeholder ekonomi syariah tidak akan pernah bisa mencapai tujuan Ekonomi Syariah itu sendiri.

[nggallery id=94]

Panitia Pelakasana Kegiatan Workshop dan Forum Ekonomi Syariah Nasional ini adalah dosen tetap dan karyawan FE Universitas Al Azhar Indonesia yang diketuai oleh Sdr Ade Wirman Syafei, SE. Ak, MSAc dengan anggota Sdr Kuncoro Hadi, ST, MSi, Sdr Jumansyah SE, M.Sc dan Lukman Hakim, Amd. Adapun yang bertindak selaku Komite Pengarah yaitu Bapak Ir. Hassanudin Zein Hassan, MM dan Ferry Novindra Idroes, SE, MM. Dalam melaksanakan kegiatan ini, Panitia Pelaksana juga bekerja sama dengan Pengurus Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Indonesia yang dipimpin oleh Sdr Tyas Mahendra.

[nggallery id=95]

Kegiatan Workshop ini juga dapat berjalan atas kerjasma FE UAI dengan beberapa pihak seperti Bapak Ainur Rofiq (tokoh Pengusaha Muslim) dan  PT Sofyan Hotel, Tbk  serta atas bantuan dan dukungan dari Universitas Al Azhar Indonesia.  Atas bantuan dan dukungan dari semua pihak, Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Indonesia mengucapkan terima kasih dan dengan harapan semoga amal baik dan dkungan tersebut akan dibalas dengan balasan yang paling baik dari Allah SWT.