Today Crisis “Are We Really Living In A Beatiful Li(f)e?”

24 December 2011
1150 Views
Comments are off for this post

Kapitalisme atau Kapital adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untung kepentingan-kepentingan pribadi. Walaupun demikian, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19, yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa di mana sekelompok individu maupun kelompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu yang dapat memiliki maupun melakukan perdagangan benda milik pribadi, terutama barang modal, seperti tanah dan manusia guna proses perubahan dari barang modal ke barang jadi. Untuk mendapatkan modal-modal tersebut, para kapitalis harus mendapatkan bahan baku dan mesin dahulu, baru buruh sebagai operator mesin dan juga untuk mendapatkan nilai lebih dari bahan baku tersebut (Wikipedia.org)

Dalam perkembangannya, ideologi kapital telah meluluhlantahkan beberapa negara ke dalam jurang kehancuran. Krisis ekonomi di Amerika Serikat, beberapa Negara Eropa (Yunani, Italia, Spanyol, Prancis, Jerman dan lain-lain) serta keruntuhan beberapa rezim pemimpin di Negara-negara Timur Tengah (seperti Tunisia, Mesir, Yaman dan lain-lain) merupakan beberapa contoh negara yang telah tehantam dampak negatif dari paham yang dilahirkan oleh Adam Smith. Dan, sebagai salah satu penerus bangsa, mahasiswa harus peka terhadap apa yang tengah terjadi di dunia saat ini. Oleh sebab itulah, Komunitas Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI) UAI mengadakan seminar akhir tahun “Today Crisis” dengan tema “Are We Really Living In The Beautiful Li(f)e?”

[nggallery id=110]

Seminar yang diadakan untuk membahas dan bertukar informasi mengenai apa yang terjadi pada saat ini, KOMAHI melihat apa yang tengah terjadi di dunia pada saat ini merupakan sebuah dampak negatif dari sebuah ideologi. Seminar yang diadakan pada Rabu (21/12/2011) menampilkan Wenry Anshory, Hizkia Yosie Polimpung, Azis Rahmani, Sheila Purnama Bulan dan Edoardo Irfan (Dosen Ilmu Komunikasi UAI). Dalam seminar akhir tahun ini, pembicara dan peserta sama-sama bersinergi untuk menjawab tantangan Bangsa Indonesia kedepannya.

[nggallery id=111]