Peluncuran Buku “Vault of Dream” Karya Sanaullah (Duta Besar Pakistan untuk Indonesia)

7 January 2012
1244 Views
Comments are off for this post

Universitas Al Azhar Indonesia menggelar acara peluncuran buku yang berjudul “Vault of Dreams” karya Duta Besar Pakistan untuk Indonesia, Sanaullah. Bertempat di ruang Auditorium Arifin Panigoro, lebih dari 400 tamu menghadiri acara peluncuran buku yang diadakan pada Kamis (29/12/2011). Adapun tamu-tamu yang menghadiri acara peluncuran buku tersebut terdiri dari staf pengajar dan mahasiswa Al Azhar, komunitas Pakistan, media, pejabat senior pemerintah Indonesia, penulis, intelektual dan diplomat.

Pembicara pada acara tersebut adalah Deputi Menko Kesra Bidang Olahraga dan Kebudayaan, Sugihartatmo, Kepala Hubungan Internasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Kacung Marijan dan mantan diplomat Indonesia, Dr. Zahir Khan. Deputi Menko Kesra, Sugihartatmo, menggambarkan puisi sebagai semangat untuk menunjukkan keramahan dan nilai-nilai kebudayaan sebuah negara. Dia menyambut baik penerbitan “Vault of Dreams” dan hal ini akan lebih memperkenalkan Pakistan kepada lingkaran intelektual, generasi muda dan masyarakat pada umumnya. Dengan membaca buku tersebut, orang akan bisa melihat kedekatan budaya antara Pakistan dan Indonesia.

[nggallery id=120]

Dalam analisisnya, Prof. Kacung Marijan mengatakan puisi bisa menjadi alat untuk menciptakan perdamaian di dunia, dan pendidikan mengenai seni dan literatur harus lebih gencar lagi. Sementara itu, Zahir Khan, menggambarkan peran masyarakat Islam di kawasan ini dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Generasi penerus dari orang-orang ini telah memberikan sumbangan penting dalam pembangunan Indonesia. Zahir mempersembahkan versi Bahasa Indonesia dari puisi yang berbahasa Inggris tersebut.

Pada peluncuran bukunya, Duta Besar Sanaullah membacakan empat puisi dari bukunya dan dia juga menyampaikan esensi kebudayaan masyarakat Pakistan. Dengan adanya warisan kebudayaan yang telah menyebar selama berabad-abad, ia mengatakan bahwa landasan dari masyarakat dan peradaban Pakistan adalah sufisme, toleransi beragama dan keadilan, menolak diskriminasi dalam etnis, keyakinan, warna kulit dan aliran. Ia juga menyebutkan keberhasilan para wali sufi dalam penyebaran Islam di Asia Selatan hingga sampai ke Indonesia.

[nggallery id=121]

Wakil Rektor Universitas Al Azhar, Dr. Ahmad Lubis merasa sebuah kehormatan bagi universitas tersebut untuk meluncurkan buku tersebut yang diterbitkan oleh penerbit terbesar RMBooks. Dia sangat berharap untuk bisa membangun hubungan akademis antara institusi kedua negara tersebut.