Merajut dan Memperkuat Jati Diri Universitas Al Azhar Indonesia Melalui Sivitas Akademika Universitas Al Azhar Indonesia bersama Prof. Dr. M. Quraish Shihab, M.A.

12 January 2012
1398 Views
Comments are off for this post


“Universitas adalah tempat mendidik, mengembangkan ilmu serta melakukan penelitian” itulah terminologi universitas yang diungkapkan oleh Prof. Dr. M. Quraish Shihab, M.A. saat memberikan kuliah umum di Auditorium Arifin Panigoro, Universitas Al Azhar Indonesia. Kuliah umum yang bertemakan ‘Merajut dan Memperkuat Jati Diri Universitas Al Azhar Indonesia Melalui Sivitas Akademika Universitas Al Azhar Indonesia’ diadakan pada jum’at (06/01/2011) dan dihadiri oleh karyawan, dosen, serta mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia.

Dalam hal mendidik, universitas tidak hanya memiliki tanggung jawab untuk menanamkan ilmu kepada sivitasnya saja, tetapi juga membina sivitasnya untuk menjadi manusia utuh. Oleh karena itu, universitas harus dapat mengarahkan sivitasnya untuk mengembangkan fisik, fikr dan jiwanya.

Selanjutnya, Quraish Shihab menjelaskan faktor keberhasilan dari universitas. Beliau membagi faktor keberhasilan universitas ke dalam dua hal yaitu ketinggian ilmu dan keluhuran budi dari sivitas akademikanya. Dalam melihat faktor keberhasilan universitas dari faktor ketinggian ilmunya, salah satu indikatornya dapat dilihat melalui hasil-hasil penelitian. Sedangkan untuk mengukur keluhuran budi dari sivitas akademikanya, dapat tercermin melalui etika dan nilai-nilai yang ada di masyarakat.

[nggallery id=122]

Dalam mengembangkan ke semua hal tersebut, universitas membutuhkan silahturahim. Silahturahim dibutuhkan untuk menyatukan visi dan misi universitas tersebut. Hal ini merupakan himpunan dari fisik, fikr dan jiwa yang dimiliki oleh sivitas akademik yang ada di universitas tersebut, tutur Prof. Quraish Shihab.

Selanjutnya, belaiu menjelaskan bahwasannya akhlak sangatlah dibutuhkan didalam menjalin silahturahmi antar civitas akademik. Mengapa? Karena salah satu elemen dari akhlak adalah pengorbanan. Hal ini jugalah yang dibutuhkan oleh sivitas akademik, sehingga sivitas akademik dapat memajukan universitasnya melalui gotong royong.

[nggallery id=123]