Eskursi Mahasiswa Teknik Informatika

16 January 2012
1456 Views
Comments are off for this post

Pada Hari Rabu 11 Januari 2012 yang lalu, 40 Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika (IF) “menyerbu” markas Lantas Polri tepatnya bagian National Traffic Management Centre (NTMC) POLRI yang beralamat di Jalan MT Haryono Jakarta, serta Perusahaan IT Solusi 247 yang terletak di kawasan Segitiga Emas Business Park, kuningan, Jakarta Selatan.

“Penyerbuan” ini merupakan rangkaian kegiatan eskursi mahasiswa IF. Eskursi merupakan kunjungan ke perusahaan atau instansi yang berhubungan dengan program studi dan mata kuliah tertentu yang rutin dilakukan oleh Prodi IF UAI. Mahasiswa yang mengikuti eskursi kali ini adalah mahasiswa tingkat pertama dan kedua yang mengambil Mata Kuliah “Introduction to Computer Science” dan dibimbing langsung oleh Kaprodi Teknik Informatika Dr. Ade Jamal.

National Traffic Management Centre (NTMC) merupakan pusat dari manajemen lalu lintas di Polri yang mempunyai fungsi sebagai K31 (Komando, Komunikasi, Koordinasi, dan Informasi), dengan kata lain NTMC ini merupakan ‘markas’ pemantauan lalu lintas di seluruh Indonesia.

Operasional NTMC didukung oleh penerapan berbagai teknologi informasi seperti CCTV, GIS, GPS, Internet berkecepatan tinggi menggunakan infrastruktur fiber optik, SMS, faximile, telepon, HT, LCD berukuran besar dan berbagai sistem untuk memastikan kegiatan K31 dapat diimplementasikan secara optimal yaitu terjadinya quick respontime (kecepatan pengamanan, pelayanan masyarakat) serta trust build (melayani managemen /citra posstif). Sistem di NTMC juga sudah menerapkan “sistem cerdas” yang dapat mendeteksi pelanggaran lalu lintas seperti kelebihan batas kecepatan maksimal yang kedepannya akan diintegrasikan dengan sistem tilang secara elektronik. Mahasiswa IF berdiskusi dan aktif bertanya mengenai penerapan IT di NTMC.

Tempat kedua yang menjadi tujuan eskursi mhs IF kali ini adalah Solusi 247, sebuah perusahaan teknologi informasi yang “high tech”, karena berbasis riset dan inovasi dalam bidang IT untuk menunjang bisnisnya mulai dari Business Intelligence, Data Mining, Enterprise Application Integration, Supply Chain Management, hingga mengembangkan radar pertama buatan Indonesia yang dinamai INDRA (Indonesian Radar). Solusi 247 menjadi perusahaan incaran para penggiat IT karena suasana kantor yang santai, kekeluargaan, dan penuh dengan aktivitas yang “fun” namun tetap produktif dan mengembangkan riset yang unggul.

Pelaksanaan eskursi yang rutin dilakukan ini menambah motivasi para mahasiswa untuk tekun belajar dan mengembangkan hardskill serta softskill yang diperlukan baik di dunia profesional maupun technopreunership.

Berita dan foto dokumentasi mengenai kegiatan ini dapat juga diakses di: 
http://if.uai.ac.id/2012/01/eskursi-mahasiswa-informatika/

 

Eskursi Mahasiswa IF