Emotional and Spiritual Achievement 3, “increase your emotional & spiritual quotient to get the brighter future”

14 February 2012
1255 Views
Comments are off for this post

 

Jakarta, Perguruan Tinggi memiliki peran penting dan strategis terhadap pembangunan masyarakat melalui Tri Dharma Pendidikan Tinggi; karya ilmiah, proses pengajaran dan pendidikan serta pengabdian masyarakat. Universitas Al Azhar Indonesia pada Sabtu-Minggu, 11-12 Februari 2012 kembali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan Emotional and Spiritual Achievement (ESA) untuk ketiga kalinya bagi pelajar SMAN/SMKN se-Jabodetabek di kampus UAI.

[nggallery id=130]

“Proses pendidikan di samping sebagai transfer pengetahuan seharusnya menjadi alat transformasi nilai-nilai moral dan character building. Semakin terdidik seseorang, secara logis, seharusnya semakin tahu mana jalan yang benar dan mana jalan yang menyimpang, sehingga ilmu dan kualitas akademis yang didapatkan tidak disalah-gunakan”, ujar Muhammad Iqbal, dosen UAI sebagai penanggung jawab kegiatan.

[nggallery id=131]

Menurut DR. Wahyuningsih Subekti, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia, kegiatan ESA UAI ini merupakan kerjasama antara  Program Studi Ilmu Komunikasi UAI dengan Islamic Student Center Yayasan Al Kahfi yang memperoleh perhatian positif bagi Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Majelis Ulama Indonesia DKI Jakarta.

“Kegiatan ini implementasi bagi kontributor positif UAI terhadap masyarakat. Sejauh ini kami selalu berupaya mendukung kerjasama antar lembaga yang berkomitmen terhadap nilai-nilai sosial, pendidikan dan keagamaan”, ujar DR. Wahyuningsih Subekti.

[nggallery id=132]

“Kami menilai modul dan materi pelatihan ESA ini layak dijadikan model bagi pembentukan karakter moral dan spiritual bagi pelajar. Makanya, kami mendukung kegiatan semacam ini untuk terus dikembangkan”, kata DR. Syamsul Maarif, Sekertaris Umum MUI DKI Jakarta sekaligus sebagai penasehat Yayasan Al Kahfi.

Kegiatan yang diadakan pada Sabtu-Minggu/11-12 Februari 2012 dan Sabtu-Minggu/18-19 Februari 2012 ini diikuti oleh sedikitnya 400 pelajar dari 32 SMAN/SMKN se Jabodetabek, sedangkan ESA ke-2 diadakan pada November 2011 telah diikuti 600 pelajar dari 29 sekolah. Melalui kegiatan semacam inilah peran penting dan strategis perguruan tinggi kepada masyarakat khususnya dalam menanamkan nilai-nilai kecerdasaan emosional dan spiritual bagi pelajar.

[nggallery id=133]