Tim Teknik Industri UAI, Menjuarai Lomba Keilmuan Teknik Industri 2012

14 March 2012
1447 Views
Comments are off for this post

Bersaing dengan 24 tim serta melewati 3 tahapan penjurian. Itulah perjuangan dari ke empat teman kita dari Teknik Industri untuk menorehkan nama mereka sebagai juara pertama dalam ajang nasional Lomba Keilmuan Teknik Industri 2012. Adalah Syantie Nurmalasari, Sita Ayu Astrellita, Anela Septieni Zulkifli dan Ridwan Rusadi. Empat orang mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi yang berhasil mempersembahkan kemenangan ini bagi diri mereka, keluarga dan sivitas akademika.

Lomba Keilmuan Teknik Industri (LKTI) merupakan sebuah kompetisi mengenai bidang perindustrian yang diadakan oleh mahasiswa teknik industri Universitas Indonesia. Kompetisi yang telah diadakan sejak tahun 2003 memiliki tema yang berbeda disetiap tahunnya dan ‘Green Manufacturing’ menjadi tema pada LKTI 2012 kali ini. UAI sendiri telah ikut berkompetisi pada ajang nasional tersebut sejak pertama kali LKTI diselenggarakan.

Pada kompetisi kali ini, tim UAI harus mengikuti 3 tahap penjurian. Namun sebelum memasuki tahap penjurian awal, semua tim yang ingin ikut berpartisipasi di ajang LKTI 2012 harus mengikuti Pre Eliminary Stage yang digelar sebelumnya pada Januari 2012.

Setelah melewati Pre Elimanary Stage, 25 tim tersebut akan melewati Stage I atau babak pertama dengan Industrial Engineering Quotion Test (IEQ TEST). Pada tahap ini peserta akan ditantang dengan pertanyaan-pertanyaan tentang pengetahuan umum dari Teknik Industri.

Pada Stage II atau Simulation, tim yang tersisa akan menjalani simulasi bisnis perusahaan manufaktur yang menganut sistem Green Manufacturing sesuai tema LKTI tahun ini. Untuk melanjutkan kompetisi ke tahap berikutnya, peserta harus mengatur strategi terbaik berdasarkan teori rekayasa Industri dan praktek.

Tahap terakhir atau Stage 3 – Real Case Study (Problem Solving) adalah babak yang paling berat. Peserta ditantang untuk menyelesaikan masalah pada Studi Kasus yang benar-benar terjadi dengan menggunakan data-data Industri. Peserta akan diminta untuk menganalisis kasus tentang aktualisasi Green Manufacturing, dan untuk menyajikan solusi mereka terhadap kasus menggunakan metode teknik industri dan praktek.

Setelah melewati proses penyeleksian yang panjang dan mengalahkan 24 tim dari universitas lainnya. Tim Teknik Industri UAI berhasil menjadi juara pertama dan berhak atas hadiah senilai Rp.15.000.000,-. Selamat kepada Tim Teknik Industri UAI dan semoga kemenangan ini menjadi motivasi dan tradisi bagi universitas kita. Vivat UAI !