Mahasiswa Universitas Al Azhar Wakili DKI Jakarta dalam Acara “Bangkok Sister City Youth Program 2012”

11 April 2012
1172 Views
Comments are off for this post

Salah satu mahasiswa program studi Sastra Inggris UAI Joko Supriyanto, berkesempatan mewakili DKI Jakarta untuk terbang ke Bangkok, Thailand untuk menghadiri Bangkok Sister City Youth Program 2012 (BSCYP) pada tanggal 29 Maret – 5 April 2012. Acara ini telah berjalan ditahun ke-4 dan memang rutin diadakan setiap tahunnya oleh BMA (Bangkok Metropolitan Administration).

BSCYP adalah kegiatan pertukaran pikiran dan kebudayaan yang melibatkan pemuda-pemudi kota Bangkok dan kota-kota kembar Bangkok lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperat rasa persaudaran para pemuda yang berasal dari kota Bangkok atau lainnya dan membuka jaringan internasional. BSCYP kali ini dihadiri oleh para peserta yang berasal dari Bangkok, Jakarta, Singapura, Fukuoka, Washington DC, Vientiane, Hanoi, Beijing, Chaozhou, Chongqing, Busan, dan Incheon.

Dalam kegiatan ini para peserta dituntut untuk dapat bekerja sama secara berkelompok, karena pada acara ini peserta harus melakukan study visit secara berkelompok. Karena dalam program ini setiap kelompok harus membahas tema-tema yang telah di tentukan, antara lain Charm, Love, Abundance, Humour, Diversity, Uniqueness, dan Conservation. Setiap harinya setiap kelompok memiliki tugas yang berbeda dan pergi ke tempat-tempat yang berbeda. Pada program ini peserta lebih sering mengunjungi  tempat-tempat keagamaan dan tempat-tempat bersejarah yang dibangun dari King Rama I – King Rama IX (masih menjabat hingga sekarang). Peserta juga melakukan kegiatan sosial seperti membuat kerajinan tangan untuk para tuna netra sebagai media belajar dan mengunjungi yayasan School Blind. Para peserta juga harus menampilkan kebudayaan dari tiap kota pada acara Culture Night. Selain itu peserta juga diajak untuk mengunjungi beberapa  tempat-tempat kepemerintahan dan beberapa universitas ternama di Thailand, antara lain Thamassat University dan Chulalongkorn University. Dan diakhir acara setiap kelompok harus mempresentasikan atas tema yang telah ditentukan diawal acara.

Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para pemuda selain untuk bertukar kebudayaan kegiatan ini juga dapat membantu para peserta membuka jaringan internasional yang berguna untuk masa sekarang dan masa depan dan yang terpenting dari kegiatan ini adalah menjalin persaudaraan antar dunia. (Joko Supriyanto, Sastra Inggris 2011)