Accounting Series 5th Edition Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Indonesia “Risk Based Internal Audit”

24 April 2012
1111 Views
Comments are off for this post

Dunia audit internal saat ini sudah berubah, dari posisi dimana dahulunya seseorang yang melakukan audit internal sebagai seorang watchdog atas pelaksanaan dan kepatuhan seluruh lini entitas bisnis atas kebijakan dan peraturan yang berlaku di entitas tersebut, saat ini sudah bergerser menjadi seseorang yang tidak hanya melakukan fungsi pengawasan namun juga turut serat memberikan saran dan masukan serta katalisator dalam peningkatan kinerja perusahan. Untuk itu seorang internal auditor harus meningkatkan wawasan dan ketrampilannya tidak hanya dalam melakukan pengawasan namun juga atas operasional entitas bisnis tersebut. Secara kongkrit, seorang internal auditor harus memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi resiko-resiko bisnis yang dihadapi oleh entitas bisnis dan mengevaluasi system pengendalian internal entitas bisnis dalam memantau dan memitigasi terjadinya resiko dari kegiata entitas bisnis.

Untuk itu, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Indonesia bekerjamasa dengan Keluarga Mahasiswa Program Studi Akuntansi mengadakan Accounting Series yang Kelima dengan topic Risk Based Internal Audit pada hari Jumat, 11 Mei 2012. Tampil sebagai pembicara adalah Bapak Achmad Baraba, SE. Ak, M,Ak. Beliau adalah Ahli dan Praktisi Akuntansi dan Akuntansi untuk Lembaga Keuangan Syariah yang sudah malang melintang di berbagai bidang. Sebut saja misalnya pada tahun 19996-1999 beliau pernah diamanahkan sebagai Direktur Operasional Bank Muammalat Indonesia.

Selepas di  Bank Muammalat, beliau ditugaskan sebagai anggota Komite Fit dan Proper Test di Bank Indonesia pada periode 1999-2007. Hampir pada saat yang bersamaan yaitu pada periode 2002-2007 beliau menjabat sebagai Direktur Bidang Akuntansi Syariah KAP Ernst and Young (EY). Semenjak tahun 2000 sampai dengan saat ini,  beliau juga mengabdi sebagai Komite Pengembangan Perbankan Syariah di Bank Indonesia. Terakhir, semenjak tahun 2007 sampai dengan saat ini, beliau adalah Komisaris Independen Bank Jabar Banten. Oleh karenanya, pantas kiranya beliau didaulat untuk menjadi pembicara dalam Accounting Series yang Kelima dengan topic Risk Based Internal Audit.

Kegiatan Accounting Series adalah salah satu kegiatan ilmiah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa dan seluruh civitas akademika Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan 1 kali dalam setiap bulan. Nara sumber dalam kegiatan ini adalah praktisi dan akademisi dengan topik-topik hangat di seputar bidang Akuntansi dan Akuntansi Syariah. Peserta yang mengikuti kegiatan ini pada umumnya adalah mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Indonesia. Kegiatan ini sepenuhnya dibiayai oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Indonesia.  AWS