Keikutsertaan Mahasiswi Teknik Informatika di Simposium Internasional

16 May 2012
1148 Views
Comments are off for this post

 

 

Pada tanggal 15-16 Mei 2012, salah satu Mahasiswi Teknik Informatika Universitas Al Azhar Indonesia, Nuke Dewi Kania, mengikuti Simposium internasional bertajuk International Symposium on Computational Science (ISCS) yang diselenggarakan di Universitas Gajah Mada (http://coecs.mipa.ugm.ac.id/ISCS/).

ISCS berawal dari kolaborasi antara ITB, Kanazawa University of Japan untuk meningkatkan pendidikan ilmu komputer dan matematika numerik pada level pasca sarjana, dan telah diselenggarakan 5 kali sejak 2007. Dalam dua hari penyelenggaraan, 56 makalah dipresentasikan dengan topik bervariasi. Tema yang diangkat diantaranya simulasi numerik, grid computing, dinamika molekuler, pengolahan citra, berbagai aplikasi matematika pada bidang kimia.

Pada seminar tersebut, Nuke mempresentasikan hasil penelitiannya dengan judul “Blood Component Classification for Malaria Computer Aided Diagnosis from Thin Blood Smear Microphotographs”. Tema tersebut merangkum kontribusi akademik dari skripsi sarjana Nuke, dan merupakan bagian dari kegiatan penelitian di bidang pengolahan citra di Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi BPPT, untuk pengembangan sistem diagnosa Malaria.

Penelitian ini diketuai oleh Dr. Anto Satriyo Nugroho, berkolaborasi dengan para peneliti Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, dan mendapat pendanaan dari Insentif Riset Kementrian Riset dan Teknologi tahun 2011 dan tahun 2012. Sejak tahun 2012, Nuke bergabung dalam tim, dan berkontribusi aktif bersama para peneliti yang lain.

 

Daftar Publikasi Nuke Dewi Kania:
Malaria Parasite Identification from Thin Blood Smear Microphotographs using Computer Aided Diagnosis System, Theda Lukito, Nuke Dewi Kania, I.Ekoprayitno Rozi, Anto Satriyo Nugroho, Yanti, Made Gunawan, Vitria Pragejsvara, Dian Anggraini, International Seminar on Advances in Molecular Genetics and Biotechnology for Public Education, Atma Jaya Catholic University, 6-8 June 2012