Sosialisasi Jajanan Sehat Kepada Siswa SMA dan SMK di Jakarta

21 May 2012
1476 Views
Comments are off for this post

Selama bulan Mei 2012 Program studi Ilmu Komunikasi bekerja sama dengan Program Studi Bio Teknologi menyelenggarakan kerjasama kegiatan Sosialisasi Jajanan Sehat kepada Siswa SMA dan SMK di Jakarta.

Kegiatan ini merupakan sosialisasi dari hasil penelitian yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen prodi Bio Teknologi tentang Jajanan Sehat. Sedangkan mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi mengaplikasikan mata kuliah Community Relations dalam bentuk kuliah lapangan.

Sosialisasi ini dilakukan ke 10 sekolah di wilayah Jakarta dimana setiap sekolah dikunjungi oleh 4 orang mahasiswa dari prodi komunikasi dan biotek serta didampingi 1 orang dosen.

Adapun manfaat sosialisasi hasil pnelitian ini adalah agar para siswa mengetahui jenis makanan jajanan apa saja yang berbahaya bagi kesehatan, mengingat siswa seringkali membeli makanan diluar rumah terutama pedagang keliling atau kaki lima tanpa memperhatikan resikonya bagi kesehatan.

Hasil penelitian yang disososialisasikan antara lain adalah :
1. Kadar Ecoli dalam Es batu.
2. Bahaya zat pewarna dalam makanan
3. Jenis bakteri yang ada dalam rokok

Sedangkan manfat sosialisasi ini bagi  mahasiswa adalah mahasiswa dapat belajar bekerjasama dengan disiplin ilmu lain, mempelajari persoalan  masyarakat khususnya  pada kelompok siswa SMA dan SMK dan menyampaikan solusi dengan bahasa dan cara yang sesuai dengan masyarakat sasaran. Lebih jauh kegiatan ini sekaligus dapat memberikan dampak promosi bagi UAI dan program studinya.

Damayanti