Mahasiswa UAI dalam Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths 2012

29 May 2012
1159 Views
Comments are off for this post

Program JENESYS (Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths) adalah program yang mempromosikan pertukaran pemuda di kawasan Asia Timur (negara-negara ASEAN, Australia, China, India, Selandia Baru, dan Korea Selatan) yang diselenggarakan setiap tahunnya sejak tahun 2007 oleh Perdana Menteri (PM) Jepang pada saat itu, yaitu Shinzo Abe. Setiap tahunnya, program ini dilaksanakan oleh Pemerintah Jepang dengan berbagai bentuk program kegiatan persahabatan seperti mengundang remaja Asia Timur ke Jepang maupun mengirim remaja Jepang ke Asia Timur dengan bantuan dan kerjasama negara-negara maupun organisasi-organisasi terkait.

Dalam program kali, terpilih 70 mahasiswa aktif dari hasil seleksi berbagai universitas dan berbagai disiplin ilmu dari  seluruh Indonesia. Adapun kami (delegasi UAI) yang terpilih, adalah : 1. Samudra (Teknik Elektro – 2009) , 2. Subekti Ari Santoso (Teknik Elektro -2009) , 3. Priska Sabrina Luvita Surjaatmadja (Hubungan Internasional -2009). Berkesempatan untuk menjalani program ini selama 10 hari (6 mei-16 mei 2012) di jepang. Pada JENESYS kali ini kami dibagi menjadi 3 grup : Aichi (Natural Science), Chiba (Sosial Science), Fukuoka (Engineering). Secara langsung kami terbagi menjadi 2 grup : Chiba (1) dan Fukuoka (2). Program yang kami jalani selama di jepang meliputi kunjungan ke berbagai universitas guna membangun hubungan bilateral antara UAI dan beberapa universitas terkemuka di jepang. Serta berkunjung ke berbagai industri serta pusat-pusat riset dan pengembangan teknologi di jepang.

Salah satu rangkaian acara yang telah kami jalani adalah berkunjung serta bermalam ke rumah masyarakat jepang di Tagomori Village (Fukuoka Prefecture – Kyushu) dan Chiba – Tokyo. Disana kami mendapat pengalaman yang sangat berharga dalam perjalanan kali ini. Bagaimana kami mampu mengenali budaya, karakter, dan aktifitas masyarakat disana. Serta penerapan tata letak kota yang sangat ramah lingkungan, sampai penyebaran teknologi yang relatif merata hingga ke pelosok pedesaan. Jepang, negara yang luar biasa. Sedikit informasi, kami (Fukuoka) melakukan “homestay” dirumah seorang petani dan dirumah tersebut terdapat kamar kecil yang menggunakan hampir semua teknologi yang dimiliki oleh hotel bintang lima di Shinjuku-tokyo, padahal rumah petani tersebut diapit oleh beberapa pegunungan di daerah pedesaan fukuoka. Unbelieveable , jepang dengan keterbatasan sumber energy yang dimiliki, mampu untuk membuat penyebaran teknologi di negara tersebut secara sistemik dan terarah.

Kami pun mengunjungi beberapa universitas disana : Kyushu Institute of Technology, Fukuoka Institute of Technology, dan Chiba University. Kami pun turut andil dalam diskusi interaktif yang diselenggarakan oleh pihak universitas diatas, dan mendapat beberapa informasi mendasar untuk terciptanya hubungan bilateral antara UAI dan universitas-universitas tersebut secara berkesinambungan. Kami berharap semoga simbiosis mutualisme tersebut dapat segera terwujud.

Tidak ada kata yang dapat kami sampaikan, selain ucapan syukur dan rasa terima kasih kami kepada Allah Subhanahu Wata’ala atas pengalaman berharga yang telah kami terima, serta kepada kampus tercinta Universitas Al Azhar Indonesia yang telah memberikan kesempatan yang berharga ini kepada kami untuk dapat mengikuti program JENESYS 2012.

Terucap syukur, Alhamdulillah.

Tokyo 15-Mei-2012

Tim JENESYS 2012-UAI.

(Sam-Priska-Bekti).