Teleconference Bioinformatics Universitas Al Azhar Indonesia dengan Mercer University, USA.

19 June 2012
1698 Views
Comments are off for this post

Suatu inovasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, tidak hanya pada modifikasi suatu produk ataupun sistem. Dalam dunia pendidikan juga dapat dilakukan berbagai inovasi dalam kegiatannya, begitu pula di Perguruan Tinggi. Universitas Al Azhar Indonesia, Program Studi Bioteknologi, Fakultas Sains dan Teknologi telah melakukan inovasi dalam kegiatan belajar-mengajar. Pada hari Jumat, 15 Juni 2012 pukul 19.30 WIB diadakan kegiatan belajar-mengajar dalam mata kuliah Bioinformatika yang bekerja sama dengan Dr. Amy Wiles, Mercer University, USA.

Seperti lancarnya perkuliahan bioinformatika di kelas antara mahasiswa dengan dosen mata kuliah Bioinformatika yaitu Ibu Vanny Narita PhD, dengan bantuan kemajuan teknologi, kegiatan belajar-mengajar mata kuliah Bioinformatika bersama Dr. Amy Wiles di ruang Video Teleconference (317c) tersebut berjalan sukses.  Adapun kegiatan teleconference ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya diadakan oleh Program Studi Bioteknologi, untuk yang teleconference yang pertama dilakukan pada tahun 2010. Adapun pada saat itu teleconference dilakukan pada mata kuliah Kimia Analitik. Pada teleconference yang pertama kali diadakan, mahasiswa di Univeristas Al Azhar Indonesia mendapatkan pengajaran dari Dr Chaidir yang berada di Jerman.

Jadi, kegiatan disini juga menunjukkan bahwa ilmu dapat diperoleh dengan cara apapun yang benar. Jarak dan perbedaan waktu tidak menjadi masalah untuk mendapatkan ilmu yang Insya Allah bermanfaat. Inovasi dalam perkuliahan seperti ini baiknya sering diadakan untuk terjalinnya kerjasama antar universitas bahkan antar negara serta semakin menambah semangat dalam menimba ilmu. Semoga ilmu yang dapatkan selalu bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara, dan agama. Amiin.

Terima kasih pada pihak yang telah membantu berlangsungnya kegiatan perkuliahan yang inovatif ini, yaitu Dr. Amy Wiles (Mercer University, USA), Ibu Dr. Nita Noriko yang telah memberi izin selaku Ketua Porgram Studi Biologi (Bioteknologi), Ibu Vanny Narita PhD selaku Dosen Mata Kuliah Bioinformatika di UAI, Teknisi PKSI, Fakultas Hukum UAI untuk tempat dan alat teleconference yang tersedia, sekretariat FST atas bantuannya, dan kawan mahasiswa.

Salam semangat menimba ilmu untuk bermanfaat bagi sesama!

Tulisan Merupakan Hasil Karya  Siti Isnaeni Mutmainah, Bioteknologi 2009.