Salah satu mahasiswa UAI dalam Malaysia International Biological Symposium (i-SIMBIOMAS) 2012

26 July 2012
1550 Views
Comments are off for this post

Disadari atau tidak disadari seiring berjalannya waktu, ilmu pengetahuan dan teknologi, bergerak dengan cepat dan mengalami banyak perubahan. Peneliti dalam bidang sains dan teknologi makin banyak memunculkan beragam ide dan gagasan yang mengarahkan pada keadaan yang lebih baik. Di dukung oleh LP2M (Lembaga Peneltian dan Pengabdian Masyakarat) UAI, pada tahun 2011 melakukan riset dalam bidang bioinformatika yang kemudian hasilnya coba di submit dalam Konferensi tingkat Internasional di Malaysia yang di adakan oleh Universiti Putra Malaysia dan Kementrian Sumber daya alam dan lingkungan Malaysia dengan nama seminar “Malaysia International Biological Symposium (i-SIMBIOMAS) 2012” dengan tema : “Sustainable Management of Bioresources”

Pada bulan April 2012 diumumkan bahwa hasil riset tim yaitu Ibu Vanny Narita, P.hD, Arif Lelono Arum dan Siti Isnaeni Mutmainah berhasil terpilih menjadi salah satu partisipan untuk kategori Poster Presentation. Adapun judul paper tersebut yaitu Finding shared properties among chitosanase enzymes from genus Bacillus using web-based bioinformatics”

Perwakilan tim yaitu Siti Isnaeni Mutmainah pun berangkat untuk kegiatan seminar yang diadakan pada tanggal 11-12 Juli 2012 di Residence Hotel, Selangor, Malaysia. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut tersusun cukup padat, hari pertama dan kedua terdapat oral dan poster presentation, malamnya terdapat acara welcoming dinner di Palm Garden Hotel, Malaysia dengan dihadiri dari berbagai negara, Malaysia, Indonesia, Iran, USA, Jepang, Libia, dan lain-lain.

Syukur Alhamdulillah presentasi poster berjalan cukup lancar dengan antusiasme dari peserta lainnya, dan menjadi hal yang menarik juga bahwa peserta yang hadir yaitu mahasiswa Master (S2) dan PhD (S3) , juga Postdoc sehingga suatu kebahagiaan UAI dalam tingkat undergraduate (S1) mendapat kesempatan untuk bisa presentasi dalam Konferensi tingkat Internaional tersebut.

Semoga kegiatan publikasi paper ini terus dapat diikuti, selain menambah pengalaman, ilmu pengetahuan, wawasan, gagasan dan ide, juga menambah luas pertemanan dan memungkinkan adanya kerjasama antar kampus bahkan negara. Terima kasih banyak untuk Bapak Dr. Ary Syahriar, DIC selaku Dekan FST, Ibu Nita Noriko selaku Kaprodi Biologi untuk Izinnya, Ibu Vanny Narita, PhD untuk bimbingannya, juga Kak Arif Lelono Arum sebagai Tim, LP2M untuk kesempatan risetnya, Keluarga Biologi (Bioteknologi) UAI untuk dukungan dan doanya, serta Keluarga  FST UAI untuk bantuan dana perjalanan, Panitia, dan seluruh pihak yang terlibat.

Salam Sukses. Ayo Berprestasi Bersama J. Created by : Siti Isnaeni Mutmainah (Bioteknologi 2009)