Liputan Ramadhan IT CAMP 2, 3-5 Agustus 2012

13 August 2012
2145 Views
Comments are off for this post
Pelepasan

Pelepasan di Kampus UAI

Bertempat di Korea Indonesia ICT Training Center atau Balai Pengembangan dan Pelatihan Teknologi Informasi (BPPTIK) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, Jababeka, Cikarang, Ramadhan IT CAMP ke-2 diselenggarakan selama 3 hari 2 malam dari tanggal 3 hingga 5 Agustus 2012.

Ramadhan IT CAMP, merupakan Pesantren Kilat (Sanlat) plus Pelatihan TIK yang merupakan salah satu Program Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Teknik Informatika. Tahun ini merupakan yang kedua kalinya, sementara yang pertama diadakan pada tahun 2010 di tempat yang sama. Kegiatan kali ini diikuti oleh kurang lebih 50 orang, terdiri dari 30 orang peserta, serta panitia dan instruktur pelatihan. Mayoritas peserta merupakan remaja putra/putri usia sekolah menengah binaan Rumah Gemilang Indonesia (RGI), Lembaga Amil Zakat Al Azhar Peduli Ummat (APU) yang berasal dari berbagai kota di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Flores.

Kegiatan yang mengusung tema: “Gak Narsis, Gak Eksis; Satu Klik! dan Sejuta Senyum Sahabat Menantimu” ini dibagi menjadi 2 bagian besar materi yakni materi TIK dan Materi Pesantren. Materi TIK yang diberikan antara lain penguasaan infrastruktur jaringan internet, web server serta penguasaan tools-tools untuk menciptakan konten internet baik teks, gambar, maupun video yang kreatif dan bermanfaat, pembuatan games secara mudah dan cepat, serta Islamic Software. Materi TIK yang disampaikan oleh para instruktur dari Prodi Teknik Informatika ini disampaikan melalui metode praktek langsung menggunakan peralatan laboratorium komputer yang canggih. Selain itu peserta juga mendapatkan Materi Robotik yakni praktek langsung membuat robot sederhana yang dipandu oleh Tim Robotik Prodi Teknik Elektro.

Pada malam harinya peserta dibekali materi keislaman yang dikemas secara menarik dengan metode ceramah, games, simulasi, dan muhasabah, serta pembiasaan ibadah rutin secara bersama-sama seperti shalat malam, tarawih, tadarus Al-Quran, dan Kultum setiap selesai shalat wajib berjamaah. Ada hal menarik dalam Pesantren Kilat kali ini, yaitu karena pesertanya mayoritas adalah remaja binaan RGI, maka banyak di antara mereka yang berbakat menjadi penceramah. Pada hari kedua, dengan antusias mereka berlomba-lomba untuk mengisi acara kultum, bahkan dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Diharapkan setelah mengikuti Ramadhan IT CAMP 2 peserta dapat membuat dan mengupload konten kreatif mereka untuk menambah repositori konten positif yang ada di jejaring internet, serta dapat memberikan pemahaman nilai-nilai Islami yang berlaku universal untuk membentengi diri dari pengaruh negatif dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika, PT Solusi 247, PT Indo Kaya Energi, Al Azhar Peduli Umat serta para donatur sivitas akademika UAI yang telah memungkinkan kegiatan ini terlaksana dengan baik. Sampai jumpa di Ramadhan IT CAMP 3 tahun depan!

hari-kedua-materi-tik

Berita terkait:

Penandatanganan MoU Kerjasama antara FST-UAI dengan PT Solusi 247

Perpanjangan MoU Kerjasama Prodi Teknik Informatika dengan Kemkominfo RI 

[nggallery id=136]