Program Pengenalan Bahasa & Budaya Indonesia

10 September 2012
1496 Views
Comments are off for this post

Kerjasama Pertama Prodi Sastra Jepang UAI Dengan Universitas Asia, Jepang Untuk Program Pertukaran Mahasiswa

Program Pengenalan Bahasa dan Budaya Indonesia adalah program yang dilaksanakan oleh Program Studi Sastra Jepang, Universitas Al Azhar Indonesia dalam rangka membangun kerjasama dengan univesitas lain dalam lingkup Internasional. Program yang bernama AUGP (Asia University Global Program) Indonesia ini, merupakan program perintis yang akan menjadi pintu gerbang untuk menuju kerjasama yang baik antara Universitas Al Azhar Indonesia, khususnya Program Studi Sastra Jepang, dengan Universitas Asia, Jepang. Berkat jerih payah Bapak Prof. Takadono Yoshiro, dibantu oleh Ibu Sandra Herlina, M.A. sebagai Ketua Program Studi Sastra Jepang UAI, bersama para staff  pengajar lainnya, akhirnya MOU antara Universitas Al Azhar Indonesia dan Universitas Asia, Jepang dapat terwujud, dan program ini merupakan awal perwujudan kerjasama diantara kedua Universitas ini.

Program ini telah dilaksanakan sejak tanggal 8 Agustus 2012 dan berakhir pada tanggal 5 September 2012. Program pertama ini diikuti oleh 2 orang peserta yang merupakan mahasiswa jurusan hubungan internasional, Universitas Asia, Jepang. Kedua peserta tersebut adalah Isono Miku dan Yamada Nagisa. 2 orang Mahasiswa Universitas Asia yang mengikuti program ini, datang ke Indonesia untuk mempelajari Bahasa dan Budaya Indonesia di Universitas Al Azhar Indonesia, diharapkan dengan belajar di Universitas Al Azhar Indonesia ini, mereka dapat bercengkrama langsung dengan Bahasa & Budaya Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka tentang Bahasa & Budaya Indonesia.

Tidak hanya belajar di dalam kelas, mereka juga berkunjung dan melakukan study tour ke berbagai tempat di Jakarta dan sekitarnya, dan bersentuhan langsung dengan seni dan budaya Indonesia. Kegiatan di luar kelas yang dilakukan antara lain study tour ke Monas, Museum Gajah, Taman Mini, dan Kebun Raya Bogor. Dari pihak orang tua Homestay pun, ada yang mengajak mereka jalan-jalan ke Bandung atau ketempat-tempat lain di sekitar Jakarta. Karena program ini dilaksanakan pada saat-saat puasa dan lebaran, mereka juga dapat merasakansuasana Indonesia di saat bulan puasa dan Lebaran. Suasana peringatan Kemerdekaan Indonesia pun mereka dapat lihat dan rasakan secara langsung dalam Program ini. Dalam Seni dan Budaya Indonesia, peserta program ini juga berkenalan dengan salah satu alat musik tradisional Indonesia, yakni angklung, dan mereka akan mempresentasikan hasil latihan mereka pada saat acara penutupan program ini nanti.

Dengan terlaksananya program pengenalan Bahasa & Budaya Indonesia ini, untuk kedepannya akan dilaksanakan berbagai macam program kerjasama antara UAI dengan Universitas Asia, Jepang. Tidak tertutup kemungkinan akan pengiriman Mahasiswa & Dosen Universitas Al Azhar Indonesia ke Universitas Asia Jepang untuk menggali ilmu di negeri Sakura ini.