Kunjungan Walikota Termuda di Dunia Ms. Bashaer Othman

14 September 2012
2053 Views
Comments are off for this post

Siapakah walikota termuda di dunia? Apakah anda tahu? Beliau adalah Bashaer Othman. Lahir 16 tahun yang silam di Palestina, Bashaer telah menjabat sebagai walikota pada usia 15 tahun atau kelas 1 SMA. Beliau memimpin Kota Allar yang berpopulasi 8000 jiwa di wilayah tepi barat Palestina. Bashaer mendapatkan kesempatan untuk menjadi walikota setelah mengikuti Yesark Youth Program (YPP) yang dilaksanakan di seluruh Palestina. Program YYP memberi kesempatan bagi anak-anak muda Palestina untuk terlibat dalam kegiatan sehari-hari di pemerintahan lokal di Palestona. Bashaer dilantik menjadi Walikota Allar pada 2 Juli 2012 dan berakhir pada 21 September 2012.

Dalam kunjungan resminya ke Universitas Al Azhar Indonesia pada kamis (13/09/2012). Beliau menjabarkan bagaimana pengalamannya dalam menjalankan peran sebagai seorang walikota termuda di dunia. Selama menjabat menjadi seorang walikota, beliau mengganti 11 orang dengan posisi penting di pemerintahannya dengan anak muda yang ada di Palestina. Hal itu dilakukannya untuk memberikan pengalaman kepada kaum muda palestina lainnya. Selain itu, selama dua bulan menjabat Walikota, Bashaer memiliki kewenangan resmi seperti menandatangani dokumen-dokumen, memimpin rapat, mengambil keputusan, dan sampai batas tertentu memiliki kewenangan dalam hal keuangan.

Baginya hal terpenting saat menjabat sebagai walikota, bukanlah mengenai keputusan strategis yang dibuatnya. Namun, pengalaman yang didapatkannya saat menjabat sebagai walikota.