Alumni Universitas Al Azhar Indonesia Raih Gelar Duta Muslimah Sejagad

28 September 2012
1172 Views
Comments are off for this post

Jakarta-September 2012. Berita kemenangan R.A Nina Septiani sebagai Duta Muslimah Sejagad atau World Muslimah Beauty 2012 disambut gembira  oleh Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), perguruan tinggi tempat Nina menimba ilmu di Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Ilmu Komunikasi – Public Relations dan lulus pada tahun 2011. Sebagai bentuk rasa syukur dan  apresiasi atas pencapaian prestasi tersebut, Universitas Al Azhar Indonesia menggelar kegiatan Media Gathering dan Penganugerahan Tanda Apresiasi kepada World Muslimah Beauty di Aula Arifin Panigoro Kampus UAI Komplek Masjid Al Azhar, Kamis 27 September 2012.

Setelah dinobatkan pada Grand Final 15 September lalu, Nina Septiani dan semua pemenang World Muslimah Beauty  akan menjalankan tugasnya sebagai Duta 6F, yaitu mempromosikan 6 potensi industri syariah global yaitu Halal Food & Product, Fesyen Muslim, Islamic Finance (bank, asuransi dan pasar modal syariah) Fundamental Education (Pesantren, Madrasah dan Perguruan tinggi berbasis Islam), Inclusive Funding (BMT & Koperasi Syariah) serta Festive Tourism (wisata religi, wisata belanja dan event internasional Islami).

Rektor Universitas Al Azhar Indonesia, Prof. Dr. Ir. Zuhal MSc EE menyatakan kemenangan Nina Septiani merupakan amanah yang wajib didukung segala pihak agar keberadaan Duta Muslimah ditengah kaum perempuan dunia memberikan manfaat yang berarti bagi kemajuan bangsa, negara dan agama. “Sebagai bentuk dukungan almamater, UAI memberikan penghargaan pada Nina dan  akan menurunkan para pakar di UAI untuk menjadi mentor yang berkompeten agar Nina dan pemenang World Muslimah Beauty lainnya siap menjalankan tugasnya sebagai Duta Muslimah sejati” tukas Zuhal.

“Kegiatan WMB merupakan oase yang menyegarkan perkembangan industri syariah global, persyaratan dan tugas utama WMB sebagai Duta 6F merupakan bentuk keberpihakan generasi muda untuk mau mengenal dan memahami lebih mendalam potensi Ekonomi berbasis syariah sebagai bagian dari gaya hidup modern” tukas Head of Syariah Banking CIMB Niaga, U Syaefudin Noer, salah satu sponsor hadiah bagi pemenang WMB berupa tabungan IB Xtra CIMB Niaga Syariah selain perjalanan Travel in Style bersama Wardah ke Eropa, Australia dan Malaysia serta perjalanan Umroh dari SCI Travel.

Mencuatnya kiprah ratusan remaja berhijab dan berprestasi  asal 7 negara (Indonesia, Mesir, Nigeria, Inggris, Jerman, Timor Leste dan Australia) dengan karakter 3S (Sholehah, Smart & Stylish) diajang WMB 2012 mengundang respon yang sangat besar dari masyarakat. Kegiatan ini juga menarik media internasional untuk meliput, salah satunya NTR TV Belanda bahkan mendatangkan tim khusus dari Belanda untuk membuat film dokumenter tentang kegiatan karantina dan Grand final WMB.

Revolusi pemikiran dalam pendekatan dakwah Islamiyah dan dampaknya pada hukum-hukum syariah tentang perempuan menjadi bahan diskusi antara Media dan Para Tokoh dengan tema ” Kupas Tuntang Ajang World Muslimah Beauty : Antara Persepsi dan Solusi Komunikasi Dakwah Islam di Era Digital“. Diskusi menghadirkan Eka Shanty (Founder World Muslimah Beauty), Adiwarman Karim (Pakar Ekonomi Syariah), Iffah (Juru Bicara Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia), Nanang Qosim Yusuf (Master Trainer The7Awareness), Windri Marieta (artis berhijab) dan dipandu moderator Dr. Ir. Ahmad H. Lubis,Msc (Wakil Rektor Bid. Kemahasiswaan, Inovasi dan Kerjasama UAI).

Tentang World Muslimah Beauty

World Muslimah Beauty adalah ajang pemilihan Duta Muslimah berbasis digital yang diselenggarakan di Jakarta hasil olah kreatifitas Eka Shanty, mantan presenter TVRI dan Konsultan Islamic Marketing & Branding pada tahun 2011. Ajang ini dijuluki “Beyond Beauty Pageant” karena persyaratan dan mekanisme penjurian serta metode karantina sangat berbeda dengan ajang kecantikan biasa. Sebagai media alternatif yang non exploitative, humanis dan respectful, World Muslimah Beauty hanya  dapat diikuti oleh remaja muslimah berhijab usia 18-24 tahun yang telah memiliki prestasi di bidang akademik, seni dan budaya maupun olahraga serta pandai mengaji Al Qur’an.

Mahkota “Crown of Modesty” yang dipakai World Muslimah Beauty merupakan lambang supremasi yang  menjadi barometer eksistensi muslimah dunia dalam berkarya namun tetap mampu menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat pada seluruh aspek kehidupannya dengan karakter 3S (Sholehah, Smart & Stylish).

Info lengkap : www.worldmuslimah.com – follow @muslimahworld