Mahasiswa FST UAI dalam Olimpiade Sains dan Teknologi Mahasiswa Nasional 2012

22 November 2012
1234 Views
Comments are off for this post

Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta kembali menggelar event kompetisi tahunan “Olimpiade Sains dan Teknologi Mahasiswa tingkat Nasional tahun 2012″. Acara tersebut diselenggarakan atas inisiasi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bidang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi Pemprov DIY. Olimpiade ini digelar untuk mencari bibit-bibit sumberdaya manusia unggul bidang sains dan teknologi, menciptakan iklim kompetisi yang sehat, serta menumbuhkan jiwa pembelajar di kalangan generasi muda. Bidang yang dilombakan meliputi Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Universitas Al Azhar Indonesia turut antusias mendukung kegiatan yang dilaksanakan tanggal 31 Oktober-1 November 2012 di Hotel Matahari Yogyakarta tersebut. Partisipasi UAI ditunjukkan dengan mengirimkan 12 orang delegasi berikut:

belakang (dari kiri ke kanan): Nissa Kamila, Angelia Yulita, Purwanty Rara Azura, Fitriya, Abi Sya’id, Muhammad Rizki, Rahmat Azhari
depan (dari kiri ke kanan): M. Zulfikar Iskandar, Fadjar Iftikhar, Rumadi, Firdaus Akbar, Eko Tristiyadi

Mereka berdua belas adalah mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi yang berasal dari Program Studi Biologi, Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Industri. Meski berbeda jurusan dan angkatan, mereka terlihat akrab saat mengikuti ajang tersebut.

Meski bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ternama, prestasi delegasi UAI juga tidak mengecewakan. Dua orang delegasi untuk bidang Matematika, yaitu Fadjar Iftikhar mahasiswa Prodi Teknik Elektro dan Abi Sya’id mahasiswa prodi Teknik Informatika berhasil duduk di peringkat 4 dari 93 peserta. Mahasiswa Prodi Biologi atas nama Purwanty Rara Azura yang mengikuti bidang Kimia memperoleh peringkat 11, mengungguli 59 peserta dari berbagai universitas negeri dan swasta. Sedangkan Rahmat Azhari, mahasiswa Prodi Biologi yang mengikuti cabang Biologi mendapat peringkat ke-21 dari 70 peserta.

Walaupun belum bisa pulang sebagai juara, setidaknya prestasi tersebut menjadi awalan yang cukup baik untuk mempersiapkan ajang kompetisi semacam ini setiap tahunnya.