Laporan Kunjungan Prodi Studi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Surakarta ke Laboratorium Bank Mini Syariah Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Indonesia

28 December 2012
2716 Views
Comments are off for this post

Pada tanggal 17 Desember 2012, Fakultas Ekonomi UAI mendapat kunjungan dari Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk melakukan studi banding Laboratorium Bank Mini Syariah.  Rombangan dipimpin oleh Ir. Maulidyah Indira Hasmarini, M.Si, selaku ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Eni Setyowati, SE, M.Si selaku manager opersional Bank Mini Syariah UMS.

Agenda utama dari kunjungan ini adalah mengetahui Pelaksanaan Bank mini syariah di Fakultas Ekonomi UAI.  Masalah yang dibahas antara lain  proses prekrutan karyawan pengelola bank mini, proses pembelajaran kepada mahasiswa tentang operational banking, modul pelaksanaan praktikum Bank Mini syariah, keberadaan praktikum dalam kurikulum serta kujungan langsung ke Bank Mini Syariah  di Lantai 6.  Rombongan Prodi Studi Pembangunan UMS diterima langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi UAI, Prof Sayuti Hasibuan Ph.D bersama Kaprodi Manajemen , sekertaris jurusan dan Prof. Dr Ahmad Muslim.  Pada kesempatan yang baik tersebut juga dilakukan pemaparan tentang Visi dan Misi fakutas Ekonomi oleh Dekan Fakultas Ekonomi sebagai salah satu pengerak pengajaran ekonomi syariah dan dibahas juga tentang  pentingnya pelaksanaan Hukum Konsistensi dalam menjalankan roda pemerintahan pada suatu Negara. Pelaksanaan Al Qur’an dan Hadist merupakan suatu keharusan di Indonesia sebagai yang berpenduduk muslim terbesar dan sesuai dengan sila pertama pancasila yaitu Ketuhanan yang Maha Esa sebagai prinsip pokok pelaksanaan Negara dan harus dilasaknakan secara konsisten.  Masalah besar yang dihadapi secara bersama sama oleh para ilmuan Islam saat ini adalah bagai mana mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam melaksanakan kehidupan bernegara. Ada hal yang  menarik dimana beberapa dosen Universitas Muhamadiah Surakarta cukup antusias  dengan program pelaksanaan Hukum Konsistensi yang diterapkan dalam Fakultas Ekonomi UAI. Mengapa demikian? Sebab UMS secara sejarah memiliki tujuan yang selaras dengan Hukum Konsistensi.