Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia dalam the 14th ASEAN-Korea Youth Exchange Program

12 February 2013
3421 Views
Comments are off for this post

Dua mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia yakni Jeane Phialsa (Hukum) dan Edwinnata Bustami (Biologi) terpilih mewakili Indonesia dalam the 14th ASEAN-Korea Future-Oriented Youth Exchange Program. Kegiatan yang diselenggarakan di Korea Selatan pada 23-29 Januari 2013 mengusung tema “Today and Tomorrow for Asian Youth through the Music”. Program yang diikuti oleh 100 peserta dari negara ASEAN dan Korea ini disponsori oleh ASEAN Secretary dan Pemerintah Korea Selatan yang bekerja sama dengan Institusi Pemerintah yang menangani Pemuda di negara ASEAN. Di Indonesia sendiri program ini dikoordinir oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Selain Alsa dan Edwin, terdapat lima pemuda lainnya yang dipilih oleh Kemenpora karena kompetensinya di bidang musik, seni dan budaya.

Selama kurang lebih sepekan kegiatan ini diselenggarakan di Seoul dan Gangwon-do. Selama di Seoul para peserta disibukan dengan berbagai aktifitas seperti ASEAN Lecture, diskusi, pameran foto, pertunjukan musik dan budaya, dan study trip ke Gyeonbokgung Palace. Sementara itu selama di Gangwon-do kegiatan dipusatkan di  Welli Hili Park yang merupakan tempat olahraga ski  dan salah satu pusat Olimpiade 2015 mendatang. Di tempat tersebut para peserta melakukan Festival Makanan Tradisional dan berkesempatan untuk melakukan snow sledge.

Program ini diharapkan memberikan kontribusi dalam mewujudkan mutual understanding dan persahabatan antara pemuda ASEAN dan Korea. Pada masa mendatang para pemuda ini yang akan mengisi pembangunan dan menjadi pemimpin di negaranya masing-masing.