JADI PENGUSAHA ITU ‘BE YOURSELF’

5 March 2013
2323 Views
Comments are off for this post

Jakarta (ANTARA News) – Salah satu kunci kesuksesan pengusaha adalah menjadi diri sendiri (be yourself) dengan karakter yang dimiliki dan tidak hanya menjadi pengikut orang lain.
“Pengikut The Beatles di dunia itu banyak, tapi The Beatles tetap satu. Jadilah The Beatles atau Rolling Stone. Jangan hanya ikut-ikutan,” kata Pemilik Agensi Saka Infosa Communication, Markus RA Prasetyo, selepas “Entrepreneur Stand Up Commedy: Suka & Duka Gue Jadi Entrepreneur” di Jakarta, Rabu.
Pria yang disapa Kepra itu mengatakan pengusaha selalu mencari inovasi dan keunikan dari diri sendiri sehingga menciptakan perbedaan dengan pengusaha atau orang lain.
“Bisnis itu (kuncinya) hanya satu, just do it. Nyemplung (terjun ke air), meski ga bisa berenang. (Hasilnya,) sukses atau gagal, tenggelam atau akhirnya bisa mengatasi masalah,” kata Kepra.
Kepra mencontohkan dalam industri jasa penyelenggara kegiatan (event organizer/EO) setiap pemilik perusahaan mempunyai nilai-nilai tertentu yang membedakan dengan pemilik event organizer lain seperti kreativitas.
“Tapi kenapa akhirnya seseorang (yang kreatif) terjun ke bisnis EO karena memang orang semacam itu cocok untuk bisnis EO,” kata Kepra.
Pengambilan keputusan yang khas dalam diri seseorang, menurut Kepra, juga akan menentukan perbedaannya dengan pengusaha lain di sektor bisnis apa pun dan tidak terbatas satu sektor saja.
“Kalau sekedar belajar mengikuti orang lain, kita tidak akan menjadi wiraswasta, tapi menjadi profesional,” katanya.
Meskipun demikian, Kepra mengatakan meniru orang lain dalam tahap awal menjadi pengusaha bukanlah hal yang keliru.
“Bahwa ketika dia berkarya (lalu) terinspirasi orang lain itu urusan lain. Tapi, saat dia tetap menjadi duplikat seseorang, dia tidak akan lebih bagus dari orang itu,” katanya.
Kepra mengatakan kewirausahaan adalah sikap yang diikuti penerapan ilmu seperti pemasaran merek atau branding.