Jauhilah Dengki dan Dendam

20 March 2013
1221 Views
Comments are off for this post

Pesan Moral

Jum’at 18 Mei 2012, Dibacakan oleh : ISMET ALAIK RAHMATULLAH, SE

(Ka. Bag. Pendidikan & Evaluasi)

 

Jauhilah Dengki dan Dendam

 

Saudara – sudara kaum muslimin yang berbahagis.

Bertqwalah kepada Allah SWT. Taqwa dalam arti memelihara diri dari segala bentuk kemusyirkan dan kemunafikan yakni dengan mentaati dan mengerjakan semua perintah Allah serta meninggalkan larangan-larangan-Nya.

 

Juga taqwa yang dapat menumbuhkan amal-amal saleh yang nyata sebagai pembuktian kebenaran iman; sebab segala perbuatan dan amak manusia, baik atau jahatnya merupakan pencerminan imannya terhadap Allah SWT.

 

Perasaan iri hati karena orang lain memperoleh nikmat kadangkala dapat menimbulkan khayalan yang bukan-bukan sampai membuat-buat kedustaan. Islam membenci perbuatan demikian dan memperingatkan jangan sampai terjerumus kedalamnya. Mencegah adanya ketegangan dan permusuhan, menurut Islam merupakan ibadah yang besar, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW :

 

“Maukah aku beritahukan kepadamu perkara yang lebih utama dari puasa, shalat dan shadaqoh?” Jawab sahabat: Tentu mau. Sabda Nabi SAW: “Yaitu mendamaikan di antara kamu, karena rusaknya perdamaian di antara kamu adalah menjadi pencukur yakni perusak agama”.  (HR, Abu Dawud dan Turmudzi).

 

Syaithan kadangkala tidak mampu menggoda orang-orang pandaiuntuk menyembah berhala, tetapi syaithan sering juga mampu menggoda dan menyesatkan manusia, melalui celah-celah pergaulan dengan cara merusak kedamaian di antara mereka itu sendiri, sehingga dengan hawa nafsunya yang tidak terkendalikan, mereka tersesat dan tidak mengetahui hak-hak Tuhannya, bagaikan menyembah berhala. Di sinilah syaithan mulai menyalakan api permusuhan di hati manusia dan jika api permusuhan telah menyala, ia senang melihat api itu membakar manusia dari zaman ke zaman, sehingga turut terbakarnya hubungan dan segi-segi keutamaan manusia.