Integrasi Nilai-nilai Islam ke dalam Lintas Disiplin Ilmu Pengetahuan

22 April 2013
2977 Views
Comments are off for this post

 

Imam Suprayogo (8)

Apa jadinya jika ilmu pengetahuan tidak didasari dengan pondasi agama yang kuat? Tentunya peradaban yang dibangun oleh sebuah bangsa akan mudah dirobohkan. Sebagai sebuah agama, Islam membawa ummatnya untuk dapat selangkah lebih maju dibandingkan dengan ummat lainnya. Islam sebagai rahmatan lil alamin sudah tentu menginginkan kehidupan ummatnya tidak hanya berhasil di dunia saja, namun juga di akhirat kelak. Oleh sebab itulah, dalam menggali pengetahuan kita tidak boleh terlepas dari apa yang sudah tertera di dalam Al-Qur’an dan Sunnah. Berangkat dari kepedulian ini, Pusat Kajian dan Pengembangan Nilai-Nilai Islam Univeristas Al Azhar Indonesia (PKPNI UAI) mengadakan kuliah umum dengan topik “Integrasi Nilai-nilai Islam ke dalam Lintas Disiplin Ilmu Pengetahuan”

Dalam kuliah yang diadakan pada Selasa, 16 April 2013 hadir sebagai pembicara Prof. Dr. Imam Suprayogo. Prof Imam memaparkan melalui pendidikan islam diharapkan dapat melahirkan Orang-Orang yang memiliki Karakteristik, yaitu (1) Kedalaman Spiritual; (2) Keagungan Akhlak, (3) Keluasan Ilmu dan (4) Kematangan Profesional. Orang-Orang yang selalu Berusaha agar Dirinya Bermanfaat Bagi Dirinya Sendiri dan Lebih-Lebih bagi Orang lain. Orang–Orang yang dalam Hidupnya Selalu Mengejar Keridhaan Allah swt. Disamping itu, sebagai ummat Islam kita juga harus membangun mindset-mindset sebagai berikut. Umat Islam Harus Unggul dan Terdepan; Al-Qur’an dan Hadits Nabi Harus dijadikan Sumber Utama Kebenaran; Ayat-Ayat Kauniyah Harus Dikaji Tanpa Henti Untuk Mengembangkan Ilmu Pengetahuan; Islam Mengajarkan Tentang Kehidupan Masa Depan Yang Gemilang; Islam memiliki sejarah, bahwa pernah berhasil membangun peradaban unggul.

Prof. Imam yang merupakan Rektor dari Universitas Islam Negeri Malang juga memaparkan bahwa sebagai umat Islam kita memiliki lima misi besar yang harus dilaksanakan, yaitu Menjadikan ummat Islam kaya ilmu pengetahuan; Membangun pribadi unggul; Membangun tatanan sosial yang setara dan berkeadilan; Memberikan tuntunan ritual untuk memperkaya spiritual; Mengedepankan amal shaleh. Jika misi-misi tersebut dapat dilaksanakan dengan baik maka ummat Islam akan mampu memimpin peradaban dunia.

[nggallery id=146]