Mengembangkan Social Entrepreneur Berbasis Nilai-nilai Islam

22 April 2013
1980 Views
Comments are off for this post

Imam Prasojo (9)

Kewirausahaan sosial berarti mengidentifikasi atau mengenali masalah sosial dan menggunakan prinsip kewirausahaan untuk mengatur, membuat, dan mengelola usaha sosial untuk mencapai perubahan sosial yang diinginkan. Kewirausahaan yang berbasis bisnis biasanya mengukur laba dan rugi saja, tetapi sedangkan kewirausahaan sosial juga memperhitungkan efek positif kepada masyarakat. Kewirausahaan sosial biasanya memiliki aspek lain selain bisnis, diantaranya sosial, budaya, dan lingkungan. Selain itu kewirausahaan sosial biasanya dilakukan secara sukarela dan tidak begitu memikirkan keuntungan dalam bentuk finansial yang diperoleh.

Lalu bagaimana dengan perkembangan dengan wirausaha sosial yang ada di Indonesia? Apakah berjalan dengan baik? Untuk itulah Pusat Kajian dan Pengembangan Nilai-Nilai Islam Univeristas Al Azhar Indonesia (PKPNI UAI) mengadakan kuliah umum dengan topik “Mengembangkan Social Entrepreneur Berbasis Nilai-nilai Islam” dengan narasumber Dr. Imam B. Prasojo pada hari kamis, 18 April 2013.

Sebagai Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia seharusnya memiliki jiwa-jiwa Social Entreprenur yang mampu membawa Indonesia menjadi bangsa yang lebih maju dan lebih besar lagi. Sayangnya, jika kita melihat lebih dalam lagi Indonesia masih kekurangan orang-orang berjiwa Social Entrepeneur. Hal ini disebabkan karena rata-rata masyarakat Indonesia yang menjadi Entrepreneur hanya mampu menjalankan bisnis yang menghasilkan keuntungan berupa finansial semata, tanpa mampu melihat aspek-aspek sosial.

Oleh sebab itulah, pondasi agama yang baik diharapkan mampu membawa masyarakat Indonesia untuk menjadi orang-orang yang memiliki jiwa Social Entrepreneur. Pondasi agama yang baik dibutuhkan agar manusia Indonesia memiliki kepekaan yang tinggi terhadap apa yang terjadi disekitarnya. Selain itu, agama juga diharapkan mampu membentengi manusia Indonesia pada saat menjalankan bisnisnya, sehingga bisnisnya tidak hanya mampu membawanya berhasil di dunia saja.

[nggallery id=147]