Pentas SINAR (Pentas Seni dan Seminar)

26 April 2013
1683 Views
Comments are off for this post

Pentas SINAR (7)

Sering kita mendapati ada anak-anak yang kelihatannya cerdas kalau di rumah, tapi nilainya di sekolah biasa-biasa saja, bahkan mungkin kurang baik. Juga sebaliknya kita kadang menemukan orang yang waktu sekolah dikira tidak pintar, ternyata setelah dewasa terbukti sukses berkat kemampuannya. Mengapa bisa demikian? Apa faktor-faktor yang berperan di sini? Apa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang baik? Salah satu cara untuk menjawab pertanyaan ini mungkin terdapat pada seminar yang kemarin (Kamis, 25 April 2013) diadakan oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Psikologi dan Pendididkan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia berkutat seputar optimalisasi otak kanan dan otak kiri.

Mengapa kita perlu untuk mengoptimalkan otak kanan dan otak kiri kita? Ternyata pengoptimalan otak kanan dan otak kiri dapat membuat otak kita melakukan kinerjanya lebih maksimal lagi. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa otak manusia terdiri dari dua bagian yaitu, otak kanan dan otak kiri. Dimana setiap otak memiliki perannya masing-masing. Otak kanan berperan untuk dibagian imajinasi, kreativitas, irama/nada, seni, emosi, faham tanpa berpikir, dan berpikir secara menyeluruh. Sedangakan otak kanan digunakan untuk bermain dengan logika, matimatika, menghafal, bahasa, faham dengan berpikir, dan berpikir step by step. Dengan mengoptimalkan fungsi kedua otak yang dimiliki, bukan tidak mungkin kita mampu mendorong kinerja otak kita kebatasan maksimal.

Dalam rangka membantu tumbuh kembang anak Indonesia, serta merayakan Hari Kartini, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Psikologi dan Pendididkan Anak Usia Dini Universitas Al Azhar Indonesia, mengadakan Seminar “Optimaslisasi Otak Kanan dan Kiri Anak Negeri”. Hadir sebagai pembicara adalah Tri Gunardi, AMd. OT, S.Psi, S.Ked. Beliau adalah Pakar Terapi untuk Anak Dengan Kebutuhan Khusus, disamping sebagai terapis beliau merupakan Dosen Vokasi Kedokteran Universitas Indonesia

Disamping Seminar “Optimaslisasi Otak Kanan dan Kiri Anak Negeri”. Prodi PAUD juga mengadakan lomba mewarnai dan tari kreasi. Peserta lomba mewarnai dan tari kreasi merupakan anak-anak PAUD dan Taman Kanak-Kanak se-Jabodetabek.

[nggallery id=149]