Komitmen Dan Rintisan Kerja Sama Pendidikan Antara Universitas Al Azhar Indonesia Dan Universitas Umm Al-Qura, Mekkah Al-Mukarramah, Saudi Arabia

16 May 2013
2198 Views

Kerjasama UAI dan Umm Al-Qura (4)

            Universitas Al Azhar Indonesia dan Universitas Umm Al-Qura, Mekkah Al-Mukarramah, Saudi Arabia, berkomitmen untuk merintis jalur kerja sama pendidikan antara kedua lembaga pendidikan tinggi tersebut. Hal itu menjadi fokus pembicaraan dalam kunjungan persahabatan Syekh Dr. Hasan Abdul Hamid Bukhari, dari Lembaga Pengajaran Bahasa Arab, yang mewakili Universitas Umm Al-Qura, Mekkah Al-Mukarramah, ke kampus Universitas Al Azhar Indonesia, Senin 22/4.

Dalam diskusi yang hangat dan akrab, pembicaraan berlangsung seputar pengalaman masing-masing universitas dalam merintis kerja sama internasional dengan perguruan tinggi lain di luar negeri. Syekh Dr. Hasan memberikan apresiasi bahwa UAI telah melakukan sebuah lompatan besar dengan berhasil merintis kerja sama dengan Universitas Al-Azhar Al-Sharif di Kairo Mesir. Bagi beliau, hubungan itu tidak semata hubungan pendidikan dan akademik, tapi sudah menjadi sebuah hubungan peradaban yang menjembatani kutub kekuatan Islam di Timur (UAI di Indonesia) dan di Barat (Al-Azhar di Mesir, mewakili kawasan Timur Tengah). Beliau berharap, UAI bisa memperkuat jaringan kerja samanya dengan kutub-kutub kekuatan negara Islam lain di Timur Tengah, dalam hal ini Saudi Arabia.

Untuk itu, sehubungan dengan telah terjalinnya tahapan awal kerja sama UAI dengan Universitas Umm Al-Qura melalui pengiriman dosen bahasa Arab UAI untuk mengikuti Pelatihan Pengajaran Bahasa Arab tahunan di Mekkah mulai tahun 2009 s.d 2012, kedua universitas sepakat untuk memulai secara resmi proses kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pada tahap awal, ada tiga hal penting yang akan dilakukan oleh kedua universitas. Pertama, kedua universitas sepakat untuk segera mengadakan pertemuan antarrektor guna penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama Pendidikan. Kedua, akan dirancang program pelatihan untuk guru dan dosen bahasa Arab dari seluruh Indonesia di Jakarta yang akan dibimbing langsung oleh para dosen ahli dari Lembaga Pengajaran Bahasa Arab Universitas Umm Al-Qura Mekkah Al-Mukarramah. Ketiga, UAI akan membuka kerja sama pengembangan pembelajaran dan pengajaran bahasa Arab dengan lembaga Timur Tengah yang ada di Indonesia atas rekomendasi dari Universitas Umm Al-Qura. (nhz-fsh-zqh)

[nggallery id=152]