Kuliah Umum Sastra Jepang UAI Bersama PT Toray Industries Indonesia

10 June 2013
1146 Views
Comments are off for this post

 

Pada umumnya, bangsa Indonesia mengenal bangsa Jepang akan produk teknologinya yang mumpuni diberbagai bidang. Sastra Jepang UAI tidak hanya mempelajari akan budaya, bahasa, dan kesusastraannya saja tetapi juga berusaha untuk mengenali perkembangan teknologi Jepang. Hal ini bertujuan memperluas wawasan mahasiswa mengenai seluruh aspek kejepangan. Menyadari hal tersebut, Pusat Studi Jepang UAI mengadakan kuliah umum bersama PT Toray Industries Indonesia pada Jumat 7 Juni 2013 di ruang bank Niaga lantai 2.

Hideyasu Okawara (Hideyasu sensei), selaku presiden direktur PT Toray Industries Indonesia mengawali kuliah umum dengan memberikan penjelasan singkat tentang profil perusahaannya. PT Toray dikenal sebagai perusahaan Jepang yang bergerak di bidang fiber dan tekstil. Perusahaan yang memiliki 231 perusahaan di Jepang dan di luar Jepang ini mengawali usaha dengan produksi benang rayon. Selain memproduksi fiber dan tekstil, PT Toray juga memproduksi plastik dan bahan kimia, produk IT, bahan bangunan perumahaan, dan kebutuhan life science lainnya.

Setalah mengawali dengan perkenalan singkat ini, Hideyoshi sensei melanjutkan kuliah tentang pengembangan bisnis material yang dilakukan PT Toray. Sebelum menciptakan suatu alat, PT Toray selalu mengadakan riset dengan berbagai lembaga penelitian dan pemerintah guna menjawab setiap berbagai masalah yang terjadi di bumi ini, seperti krisis air bersih, pemakaian barang daur ulang. Selain itu, selalu berusaha untuk menyeimbangi dengan teknologi terbaru untuk mendukung kegiatan produksi.

PT Toray memiliki dasar pemikiran untuk meningkatkan perusahannya. Walaupun besarnya suatu perusahaan, tidak mungkin dapat berjalan seorang diri. Maka dari itu, PT Toray selalu mengintegrasikan teknologinya dengan yang diproduksi oleh instansi lain. Selain itu, menjadikan bahan yang diproduksi lebih bernilai bagi banyak orang. Contohnya adalah mobil, pesawat, dan baling-baling yang menggunakan fiber yang ringan sehingga menghemat bahan bakar atau energi, dan mengurangi karbondioksida.

Perusahaan yang menggunakan teknologi membran ini telah banyak membuat teknologi yang berguna bagi lingkungan maupun bagi kesehatan manusia. Dengan menggunakan teknologi yang diproduksinya, air laut bisa dibuat menjadi air minum tanpa tercampur oleh bahan kimia apapun  namun tergantung pada keadaan air laut itu sendiri. Di bidang kesehatan, teknologi Toray mampu membuat alat yang dapat digunakan sebagai pencuci darah.

[nggallery id=155]

(Hafiza Rahmi, Sastra Jepang 2010)