Chanko Nabe – Introduction To Sumo’s Food

28 August 2013
1286 Views
Comments are off for this post

Dalam rangka memperingati 40 tahun hubungan persahabatan dan kerjasama yang sudah terjalin  antara ASEAN dan Jepang.  Maka Jepang  melalui misi soft diplomasinya   Negara Jepang kali ini  mendatangkan  dan memperkenalkan kebudayaan  tradisionalnya yaitu olahraga sumo ke Indonesia . Untuk itu,  pada tanggal 23 Agustus yang lalu di gedung ASEAN Jakarta ,  Prodi Sastra Jepang yang diwakili oleh beberapa orang mahasiswa  berkesempatan melihat langsung dan beramah tamah dengan para pesumo dan YM Dubes Jepang  serta  diplomat dari beberapa negara   serta undangan lainnya di acara chanko -nabe atau  makanan untuk pesumo) .

Sumo adalah pertandingan gulat tradisional yang dimainkan oleh para atlit dengan badan yang amat besar. Dalam pertandingan , dilakukan oleh 2 pesumo atau rikishi sampai salah seorang jatuh atau keluar dari arena pertandingan (dohyo). Para pesumo yang mengenakan  mawashi  atau cawat  sekaligus sabuk. Dalam acara chanko nabe tersebut  dua orang  pegulat pesumo yaitu  Kounishiki dan Okinofuji yang datang ke gedung ASEAN untuk memeriahkan acara ini.  Kedua pesumo tersebut mendemonstrasikan gerakan olahraga sumo dan  melakukan pertandingan sumo dalam skala kecil di ruang ASEAN hall. Demonstrasi  tersebut dilakukan untuk mengeratkan kerja sama asosiasi negara-negara Asia Tenggara ASEAN dan bagian dari rangkaian kompetisi sumo di Istora GBK , yang akan diselenggarakan pada tanggal 24 – 25 agustus 2013.

Para tamu undangan terlihat begitu antusias dengan acara ini. Berbagai pernyataan terlontarkan saat sesi tanya-jawab dengan para pesumo, dan juga tidak ketinggalan untuk mengabadikan peristiwa tersebut dengan memfotonya. Para tamu  juga diperkenankan untuk mengikuti beberapa gerakan sumo, yang dipimpin oleh Ouyama san yang merupakan guru dari para pesumo tersebut. Salah satu gerakannya yaitu shiko, yaitu mengangkat salah satu kaki ke samping setinggi-tingginya.  Setelah itu, para tamu diminta untuk pergi ke ruang lain yang telah dipersiapkan, disana sudah disajikan makanan khas sumo, yaitu Chanko-nabe yang dapat dinikmati oleh para tamu. Chanko nabe dijadikan makanan khas untuk para pesumo yang tidak hanya bernutrisi tinggi, tetapi juga mementingkan rasa. Makanan ini terdiri dari daging ayam, ikan, wortel, lobak, tahu, dan sebagainya. Tidak hanya itu para tamu juga diperbolehkan untuk berfoto bersama para pesumo.

[nggallery id=158]