Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia Meraih Penghargaan Best School of Communication 2013 Dari Majalah MIX

6 September 2013
5008 Views
Comments are off for this post

Ini dia kali keempat majalah “MIX Marketing Communication Indonesia” menyelenggarakan survey untuk memilih Indonesia Best School of Communication and Management 2013. Pemilihan Sekolah Komunikasi dan Manajemen (termasuk Marketing) terbaik setara S1 di Indonesia ini dilakukan berdasarkan wawancara kepada stakeholder kampus yang terdiri dari calon mahasiswa, para orangtua serta praktisi Human Resource di perusahaan (sebagai user).

Akhirnya, inilah top 10 Sekolah Komunikasi dan Manajemen di Indonesia berdasarkan survey yang diadakan oleh majalah “MIX Marketing Communication Indonesia”. Adapun Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia berada di urutan ke 2 (dua), dalam Kategori Fakultas/Jurusan/Program Studi ILMU KOMUNIKASI PTS Akreditas A.

 

Indonesia-best-schools-of-communications-and-management-2013-copy

 

  1. Perguruan tinggi yang diikutkan dalam program ini adalah perguruan penyelenggara program S1:
    • Manajemen yang mendapatkan akreditas A (57 sekolah) dan B (55 sekolah) dari Badan Akreditas Nasional perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan nasional (masa berlaku akreditasi belum habis ketika survey dilakukan)
    • Komunikasi yang mendapatkan akreditas A (18 sekolah)
    • Desain Komunikasi Visual akreditasi A yang berkedudukan di Jabodebek dan Bandung (3 sekolah)
    • Sekolah Komunikasi dan Manajemen yang pada tahun lalu masuk Top 10 hasil survey yang sama, namun pada akreditasinya tidak diperbarui (…. sekolah)
  2. Ada delapan variable persepsi tentang perguruan tinggi tersebut yang ditanyakan kepada responden yaitu:
    • Reputasi
    • Kualitas Lulusan
    • Kesesuaian antara biaya dan nilai/manfaat yang diperoleh
    • Kesetaraannya dengan perguruan tinggi berkualitas di luar negeri
    • Fasilitas pendidikan
    • Kontribusi sosial bagi lingkungan sekitar (Corporate Social Responsibility)
    • Prestasi dan pencapaian-pencapain yang sudah diraih
    • Rekomendasi
  3. Sampel survey diambil dari populasi:
    • Siswa SMA kelas 3 dan orang tua siswa di lima kota besar: Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi), Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan. Total responden siswa SMA dan orang tua adalah 2.100 dimana 900 diantaranya berdomisili di Jabodetabek, dan masing-masing 300 responden di daerah lain.
    • Survey yang digunakan kepada responden kategori ini dilakukan secara face to face.
    • Praktisi Human Resource (HR) diberbagai perusahaan di Indonesia sebagai User lulusan perguruan tinggi yang disurvey ada 80 HR untuk Sekolah Komunikasi.
  4. Survey diselenggarakan pada April-Juni 2013 ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dimana kesalahan samplingnya sekitar 5,99% pada interval 95%.
  5. Pemeringkatan hasil survey dihitung berdasarkan indeks rata-rata ke-8 Variabel persepsi tersebut.