Program Exchange Student Asia University Japan dengan Universitas Al Azhar Indonesia

22 September 2013
2112 Views
Comments are off for this post

Web Banner AUGP 1

Belum lama ini Universitas Al Azhar Indonesia kedatangan dua mahasiswa Jepang yang tergabung dalam program Exchange Student Asia University Japan亜細亜大学 pada tanggal 15 Agustus 2013. Kedua mahasiswa asal negeri sakura tersebut adalah Misato Motegi dan Ayaka Yamamoto. Keduanya disambut dengan hangat oleh keluarga besar Sastra Jepang Universitas Al Azhar Indonesia. Dalam sebulan kedepan (15 Agustus-12 September 2013), Misato Motegi dan Ayaka Yamamoto akan menjalani masa pembelajaran mengenai bahasa dan budaya Indonesia di Universitas Al Azhar Indonesia.

Selama di Indonesia, Misato Motegi  dan Ayaka Yamamoto akan mendalami dan merasakan langsung bagaimana kehidupan di Indonesia. Mereka berdua akan didampingi dan tinggal bersama keluarga salah satu mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia. Selama di Indonesia juga, Misato dan Ayaka tidak hanya belajar mengenai bahasa dan kebudayaan Indonesia di dalam kelas saja, namun mereka berdua juga akan melakukan kegiatan luar kelas untuk menambah pengetahuan mengenai bahasa dan kebudayaan Indonesia. Kegiatan luar kelas yang dilakukan oleh keduanya antara lain seperti,  mengunjungi museum-museum yang berada di Taman Mini Indonesia Indah, jalan-jalan ke Ancol, mempelajari bagaimana kehidupan di Kesultanan Cirebon, dan masih banyak lainnya. Tidak hanya mendatangi museum, tempat bersejarah, dan rekreasi saja, mereka berdua juga akan melihat perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia seperti PT. Toray. Adapun cara mereka untuk memahami kebudayaan Indonesia yang beragam dengan mempelajarinya melalui seni tari dan musik serta masakan dan makanan nusantara.

Program ini merupakan program kedua yang berlangsung antara Universitas Al Azhar Indonesia dengan Asia University Japan. Pada program sebelumnya, Nagisa dan Miku (dua mahasiswa Asia University Japan) telah menjalani program yang sama di Universitas Al Azhar Indonesia. Diharapkan kerjasama ini terus berlanjut baik hingga tahun-tahun berikutnya guna menanamkan pamahaman akan Indonesia dan kelak mahasiswa sastra Jepang Universitas Al Azhar Indonesia dapat juga merasakan kehidupan di Jepang secara langsung, sehingga dua budaya yang berbeda ini dapat saling memahami satu sama lain dan membangun persahabatan dan kerjasama dengan harmonis.

[nggallery id=160]