Mahasiswa Bioteknologi 2010 Universitas Al Azhar Indonesia ikut serta dalam Training Transformasi Yeast di BIOTEC, Pathum Thani, Thailand

27 September 2013
1597 Views
Comments are off for this post

Imam Rosadi

Perkembangan dunia sains dan teknologi di dunia melibatkan banyak peneliti, intansi dan sumbangsih ilmu pengetahuan dari berbagai Negara yang dikumpulkan dalam suatu informasi seperti jurnal. Para ilmuan bertemu dalam suatu diskusi sains untuk berbagi ilmu, teknik dan pengalaman penelitian. BIOTEC (National Center for Genetic Engineering and Biotechnology) merupakan bagian dari kementerian sains dan teknologi di Thailand yang  ikut serta dalam pegembangan sains dan teknologi dengan mengadakan pertemuan ilmiah dalam bentuk seminar dan training.

Seminar dan training yang bertema Yeast biotechnology : from fundamental to industry”, Pathum Thani, Thailand dilaksanakan pada tanggal 12 – 18 September 2013. Training diikuti oleh 4 peserta dari Indonesia yaitu Imam Rosadi (mahasiswa Program Studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Al Azhar Indonesia), Muhammad Fadhlillah, M.Si (Universitas Padjajaran), Dr. Fernita Puspasari (Institute Teknologi Bandung), dan Uli Julia Nasution, MBiotechSt (Badan Pengkajian Penelitian dan Teknologi). Tamu undangan dari Indonesia dan Negara lainnya tinggal di Sirindhorn Science Home (SSH) dengan fasilitas dan pelayanan yang sangat baik. Imam Rosadi sebagai perwakilan dari Universitas Al Azhar Indonesia merupakan mahasiswa yang akan melakukan riset di bidang transformasi yeast.

Kesempatan training yang berharga ini saya peroleh atas rekomendasi Dr. Vanny Narita (bagian dari Riset Insentif SiNAS, Konsorsium Nasional Vaksin Hepatitis B bersama PT Biofarma, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, BPPT, ITB dan UAI). Training transformasi yeast pada Pichia pastoris sangat membantu saya dalam penggambaran, wawasan dan teori pemindahan gen. Kegiatan yang dilakukan selama 7 hari terdiri dari seminar, kunjungan laboratorium King Mongkut’s University of Technology Thonburi (KMUTT), Dinner makanan khas Thailand, jalan-jalan ke Pattaya City, pembuatan madu dan propolis perusahaan Big Bee, Chatuchak Weekend Market dan training transformasi yeast serta Future Park Rangsit.

Seminar diadakan di Sirindhorn Science Home (SSH), sedangkan training transformasi terletak di lantai 2 laboratorium BIOTEC. Training transformasi pada Pichia pastoris stain KM71 secara elektroporasi menggunakan gen Phytase. Training yang dilakukan dimulai dari preparasi sel, transformasi, skrining transforman menggunakan koloni PCR, ekspresi protein serta analisa protein menggunakan analisa SDS-PAGE.

Semoga kegiatan positif seperti ini dapat terus diikuti, untuk menambah wawasan dan pengalaman dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya sains dan teknologi. Terima kasih banyak untuk Bapak Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan dan Kerjasama Dr. Ir. Ahmad H. Lubis M. Sci, Dr. Ary Syahriar, DIC selaku Dekan FST, Ibu Nita Noriko selaku Kaprodi Biologi, Ibu Vanny Narita, PhD, Keluarga Biologi (Bioteknologi) UAI serta Keluarga FST UAI.

Pengalaman ini merupakan suatu hal yang besar yang sepantasnya diiringi dengan rasa syukur dan semangat untuk terus belajar dan berkarya untuk memajukan bangsa Indonesia. Fight for Science !!

 

Ditulis oleh Imam Rosadi (Bioteknologi 2010)

 

[nggallery id=159]