Kuliah Umum “Mandiri Edukasi, Spirit Memakmurkan Negeri”

24 October 2013
2445 Views
Comments are off for this post

Web Banner Bank Mandiri Kuliah Umum

 

 

Pernahkah kamu berpikir untuk menjadi entrepreneur dan memiliki perusahaanmu sendiri, yang dibangun dari impian dan passion kamu. Jika iya, sebaiknya segera wujudkan impianmu. Mengapa!? Karena sebagai negara berkembang yang memiliki daerah terluas diantara negara-negara di Asia Tenggara, Indonesia hanya memiliki 1,56 persen entrepreneur dari keseluruhan jumlah penduduknya. Jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, tentunya Indonesia tertinggal jauh. Malaysia memiliki 4 persen entrepreneur yang ada di negaranya. Sedangkan di negara Singapura sendiri ada sekitar 7,2 persen entrepreneur yang membangun negaranya.

Dalam rangka berbagi ilmu mengenai leadership dan entrepreneurship, Universitas Al Azhar Indonesia melalui mata kuliah JK3 bekerjasama dengan Bank Mandiri mengadakan Kuliah Umum “Mandiri Edukasi, Spirit Memakmurkan Negeri”. Kuliah umum yang diadakan pada Kamis, 24 Oktober 2013 menghadirkan Bapak Abdul Rachman sebagai Direktur Institutional Banking Bank Mandiri. Kuliah yang diadakan di Auditorium Arifin Panigoro dihadiri oleh sekitar 300an civitas akademik, baik pengajar, staff dan mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia.

Dalam kuliah umum tersebut Bapak Abdul Rachman mejabarkan bagaimana korelasi antara konsep leadership dan entrepreunership. Bagi beliau untuk menjadi seorang entrepreneur yang mampu bertahan ditengah persaingan global, orang tersebut harus memiliki berbagai karakteristik yang mampu mencerminkan kualitas dirinya sebagai seorang leader. Beliau memecah konsep leader ke dalam 7 hal yang saling terkait satu sama lain. Konsep leader tersebut adalah Visionary (memiliki visi dan misi yang jelas), Educator (mampu mendorong bawahan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya), Innovator (mampu perealisasikan ide pembaruan yang mampu memberikan manfaat secara luas), Motivator (mampu meyakinkan bawahan untuk bergerak mencapai tujuan), Communicator (mampu mengkomunikasn ide-idenya sehingga mudah dicerna oleh penerima), Facilitator (mampu memfasilitasi berbagai pihak guna mencapai tujuan bersama), Advisor (mampu mengemukakan pendapat dan memberikan masukan yang terbaik).  Menurut beliau, kesemua hal yang telah disebutkan memiliki keterkaitan antara satu dengan lainnya, dan jika kita mampu untuk menjalaninya maka kita dapat menjadi seorang leader dan entrepreneur yang baik.

Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat dalam kuliah umum kali ini, undangan juga berhak untuk mengikuti undian doorprize yang berhadiah sepeda, televisi lcd, handphone Samsung maupun tablet Samsung. Bagi penanya dan yang bisa menjawab pertanyaan juga mendapatkan hadiah dari Bank Mandiri.

 

 

[nggallery id=164]