Bedah Program Studi Jilid II “Motivasi Menghadapi UAN dan Memilih Program Studi”

30 October 2013
1795 Views
Comments are off for this post

Web banner

 

Rabu, 30 Oktober 2013. Civitas akademika Universitas Al Azhar Indonesia menerima kunjungan anak-anak SMA dari MA Al Azhar As Syarif dan MAN 4 Jakarta dalam acara Bedah Prodi UAI Jilid II. Acara yang telah kedua kalinya diselenggarakan Universitas Al Azhar Indonesia ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada siswa-siswi kelas 12 mengenai dunia kuliah secara umum serta program studi yang ada di Universitas Al Azhar Indonesia. Selain memperkenalkan dunia perkuliahan dan program studi apa saja yang ada di Universitas Al Azhar Indonesia, acara ini juga berutujuan untuk memotivasi siswa-siswi kelas 12 dalam menghadapi Ujian Nasional.

Berbeda dengan Bedah Program Studi sebelumnya, pada kesempatan kali ini hadir sebagai pembicara adalah Bapak Andri Hadiansyah, M.Psi,Psi. Beliau merupakan salah satu dosen yang ada di Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Al Azhar Indonesia, disamping itu beliau merupakan praktisi handal dibidangnya. Dalam kesempatan kali ini beliau memberikan motivasi kepada siswa-siswa kelas 12 MA Al Azhar As Syarif dan MAN 4 Jakarta dalam menghadapi ujian nasional. Sebagaimana yang diketahui bersama, terkadang dalam menghadapi ujian nasional ini siswa-siswi SMA kelas 12 terkadang suka mengalami stress. Dalam menanggulangi hal tersebut, Pak Andri mencoba untuk memotivasi siswa-siswa kelas 12 MA Al Azhar As Syarif dan MAN 4 Jakarta untuk tetap fokus dalam menghadapi ujian nasional tersebut. Selain itu, Pak Andri juga memberikan tips dan trik agar mampu memotivasi diri sendiri dalam menghadapi ujian nasional.

Dalam kesempatan kali ini juga, siswa-siswa kelas 12 MA Al Azhar As Syarif dan MAN 4 Jakarta juga diberikan gambaran mengenai kehidupan keseharian dunia kampus. Paparan mengenai dunia keseharian dunia kampus ini diberikan oleh Bapak Dr. Fokky Fuad, SH., M.Hum. Beliau mencoba memberikan gambaran dunia kampus yang tidak jauh berbeda dengan dunia sekolah. Menurut beliau dunia kampus dan dunia sekolah memiliki kesamaan, karena di dua dunia tersebut kita sama-sama menuntut ilmu. Berbedanya, karena di dunia kampus kita lebih mandiri dalam mencari sumber ilmu yang kita butuhkan, berbeda dengan dunia sekolah dimana sumber ilmu selalu diberikan oleh guru. Beliau memberikan gambaran betapa menyenangkan dunia kampus.

Seperti Bedah Prodi yang pada periode sebelumnya, siswa-siswi kelas MA Al Azhar As Syarif dan MAN 4 Jakarta diberikan pengetahuan mengenai program studi yang ada di Universitas Al Azhar Indonesia. Pemaparan yang disampaikan oleh dosen-dosen muda Universitas Al Azhar Indonesia berkaitan dengan jurusan-jurusan terkait serta prospek kerjanya setelah lulus. Selain mendapatkan pemaparan dari dosen muda Universitas Al Azhar Indonesia, siswa-siswi kelas 12 MA Al Azhar As Syarif dan MAN 4 Jakarta juga mendapatkan kesempatan untuk melihat-lihat kegiatan belajar-mengajar di laboratorium program studi. Di laboratorium tersebut, para siswa dapat merasakan secara langsung bagaimana proses kegiatan belakjar-mengajar di Universitas. Siswa-siswa kelas 12 MA Al Azhar As Syarif dan MAN 4 Jakarta ini juga dapat mengunjungi stand-stand program studi yang ada di Universitas Al Azhar Indonesia. Di stand-stand tersebut, siswa-siswa kelas 12 MA Al Azhar As Syarif dan MAN 4 Jakarta dapat berinteraksi dengan mahasiswa dan dosen-dosen sesuai dengan program studi yang diminati. Semoga apa yang telah dilakukan ini, dapat membuat siswa-siswa kelas 12 MA Al Azhar As Syarif dan MAN 4 Jakarta mendapatkan wawasan mengenai dunia kuliah dan program studi yang mereka inginkan.

 

[nggallery id=166]