BERLOMBALAH BERBUAT KEBAIKAN

27 December 2013
2215 Views
Comments are off for this post

PESAN  MORAL

DISIARKAN PADA HARI JUM’AT, 27 DESEMBER 2013

Disampaikan oleh : Silvia Nurlaila / P3EK

BERLOMBALAH BERBUAT KEBAIKAN

            Bismillahirrahmanirrahim

            Assalamu’alaikum Wr Wb

 

Sivitas Akademika Universitas Al Azhar Indonesia, Alhamdulillah wa syukurillah, kita semua pada siang hari ini masih diberikan umur, diberikan kesehatan dan kejernihan pikiran sehingga dapat beraktivitas, wabil khusus di hari Jum’at tanggal 27 Desember 2013, hari Jum’at terakhir di tahun 2013 dan berarti pula ini adalah Pesan Moral terakhir di tahun 2013.

Materi Pesan Moral saya sitir dari tulisan Uztaz HM Arifin Ilham di Surat Kabar Harian Republika hari ini, yang menuliskan QS al Baqoroh : 148 : Fastabiqul Khairat, maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan.

Berlomba dari kata dasar lomba yang berarti adu kecepatan . . . (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Jadi siapa yang lebih cepat dalam berbuat kebaikan maka Insya Allah  ia pasti akan disukai oleh Pemilik Kebaikan yaitu Allah swt. Janganlah menunda berbuat baik, niatkan segera berbuat baik karena kita tidak tahu apakah sebentar ini kita masih ada umur atau tidak. Wallahualam bissawab.

Identik dengan hal di atas, ada pula hadist yang mengemukakan bahwa : hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Waktu berlalu adalah waktu menuju kebaikan, yang bila dipadukan dengan alinea kedua di atas maka sudah waktunyalah kita menilai hasil di tahun 2013. Masih ada sisa waktu dipenghujung tahun 2013. Makin gencarkanlah dan segerakanlah perilaku kita untuk berfastabiqul khairat.

Setelah mengetahui adanya dasar dari Al Qur’an dan Hadits di atas, di tahun 2014 mendatang usahakan kita lebih baik lagi dibanding segala perbuatan di tahun 2013 yang lalu. Diakhir tahun 2013 niatkan untuk mengakhiri kesalahan-kesalahan yang telah pernah kita perbuat. Kita sadari benar, jangan sampai ditahun mendatang terulang kembali. Allah Maha rahman dan rahim, maha pengasih dan penyayang, bagi yang telah berbuat kekeliruanpun akan berbalas rakhmat bila bertobat.

Awal tahun 2014 diharapkan dapat memotivasi, mendorong kita semua untuk dapat lebih mengaplikasikan ayat dan hadits tersebut di atas sehingga dalam perilaku sehari-hari dapat mengamalkannya  dengan baik. Kita harus bergerak maju, bergerak ke atas. Kita harus  terus  mendaki untuk meraih dan mendekati puncak. Jangan sampai kita menunda kebaikan dan kita mundur ataupun melorot ke nilai yang lebih rendah.

Allah menunjukkan dua jalan, jalan kiri dan jalan kanan. Para sivitas, pilihlah jalan kanan, meskipun jalan tersebut mendaki  dan sulit (aqabah) . Susah payahlah dengan selalu bangun pagi meski dingin dengan guyuran air hujan Jangan meninggalkan sholat 5 waktu sesibuk apapun. Belajarlah disiplin, masuk kelas tepat waktu, keluar kelas dengan tertib, menjaga kebersihan kampus, saling sapa dengan ikhlas, dengan kata-kata yang santun, parkirlah di tempat yang telah ditentukan, makan dan minumlah dengan hal-hal yang halal dan diperbolehkan, berpakaianlah sesuai adab berpakaian di lingkungan Masjid yang kita mulyakan.

Apabila di tahun 2013 yang lalu anda  belum melakukan, maka cobalah lakukan di tahun 2014 mendatang. Berlombalah agar anda bisa menjadi pemenang dan berbuatlah selalu kebaikan, kebaikan dan kebaikan sesuai ridlo Allah swt.

 

Amin 3X ya Robbal Alamin.

Billahit Taufiq wal Hidayah,

Wassalamualaikum Wr Wb.

.