Business Launching #6 “Membangun Entrepreneur Muda Yang Berkarakter Islami”

9 January 2014
1778 Views
Comments are off for this post

BL #6 (5)

 

Rabu, (08/01/14) Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Indonesia mengadakan Business Launching #6 dengan tema “Membangun Entrepreneur Muda Yang Berkarakter Islami”. Business Launching ini merupakan salah satu kegiatan belajar yang ada di Universitas Al Azhar Indonesia dimana mahasiswa dituntut untuk bisa membangun dan mengembangkan sebuah usaha. Dari usaha yang mereka rintis tersebut diharapkan akan lahir banyak entrepreneur muda di Indonesia. Jiwa entrepreneur yang diharapkan tidak hanya mampu menjawab tantangan jaman saja, namun UAI juga mengupayakan pengintegrasian antara pengembangan jiwa entrepreneur dengan nilai-nilai islam. Diharapkan melalui pengintegrasian ini akan lahir entrepreneur yang mampu membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Pada tahun ini ada 20 Mahasiswa yang ikut serta dalam Business Launching #6. Ke-20 mahasiswa tersebut telah memiliki berbagai macam usaha, mulai dari Food & Beverages, Fashion hingga Jasa seperti rental mobil. Pada kesempatan kali ini juga usaha-usaha mahasiswa tersebut di-launching oleh Wakil Dekan Fakultas Ekonomi, Kuncoro Hadi, S.T., M.Si. melalui pengguntingan pita. Pak Kuncoro berharap bahwa usaha yang dirintis oleh mahasiswa UAI dapat berkembang dengan baik dan mampu sejalan dengan nilai-nilai islam.

Disamping launching business, pada acara kali ini juga diadakan seminar Membangun Entrepreneur Muda Yang Berkarakter Islami dengan pembicara Mas Mono/Agus Pramono. Agus Pramono merupakan pendiri restaurant Ayam Bakar Mas Mono. Usaha ayam bakar yang dirintisnya di tahun 2001 tak disangka meledak di pasaran. Kini, setidaknya ia telah memiliki 20 cabang dengan omset puluhan juta per hari serta melego franchisenya seharga 500 juta rupiah. Sebelum sesukses ini, pria tamatan SMA ini pernah menjadi office boy, sales dan bahkan tukang gorengan. Terkait dengan tema yang diangkat beliau menjabarkan konsep Spiritual Company. Dalam membangun perusahaannya beliau mengacu kepada konsep pesantren. Beberapa cara yang diterapkan oleh beliau adalah dengan mengganti absen dengan shalat dhuha, libur pada hari jum’at, berbagi qur’ban, melakukan pengajian rutin, umroh bareng karyawan hingga karyawannya dilarang merokok. Melalui konsep ini beliau mencoba mengajak kepada para entrepreneur muda untuk membawa bisnisnya ke jenjang lebih tinggi.

Selain mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai entrepreneurship dari Mas Mono, peserta yang hadir juga mendapatkan sharing ilmu dari senior dan alumni Fakultas Ekonomi UAI yang sekarang telah menjalankan usaha masing-masing. Mereka adalah Muhammad Ali Akbar Taufani pemilik Comic Denim & Jeans dan Dinyahari Gumilang pengusaha yang bergerak di bidang F&B serta trading. Peserta yang hadir juga menikmati penampilan dari Ardani (Finalis Indonesia Mencari Bakat Jilid 3). Semoga dengan adanya Business Launching ini mampu menginspirasi mahasiswa untuk menjadi entrepreneur muda yang berkarakter islami.

Berikut ini adalah nama-nama mahasiswa peserta Business Launching #6

Nama Usaha
1. Dikari Aliefta Hevirly2. Bey Nurul

3. Zsa-Zsa Salsabila

4. Novita Sari

5. Vannesa CR

6. Mutiara Rahmawati

7. Ishlah Bio A

8. Fauzia Rifani

9. Silvani Faisal

10.Yayang Yufinza

11. Husna Sugiana

12. Very Hasan Putera

13. Yogi Pratama Bayu

14. Fadli Reza

15. Syahreza Falevi

16. Tres Gantara

17. Anovta Hermoza

18. Lili Nurindah Sari

19. Andi Samarna

20. Ade Mario

D’House (Kosan Khusus Karyawati)Citra Rent Car and Trading

That’s Life Coffee

Dimsum Eat

Sebastian Coffee

TB. Sinar Bangunan

Handy Talk (HT)

City Sport

KOPLOCK

WF Textile

BRC (BSN Rims Center)

Covin Java

Web Development

Hot Cane-Cane

Chillus

Steamboat Pataya

Car Wash

Jakarta Frame Color (WO)

Sentral Qurban

ALMARIZ Rent Car

[nggallery id=178]