PENTINGNYA MEMANFAATKAN WAKTU

24 January 2014
6705 Views
Comments are off for this post

Assalammualaikum Wr.Wb.

                Rekan-Rekan sekalian…

Sudahkah kita meluangkan waktu untuk melakukan perenungan dan introspeksi sebelum kita memulai aktivitas hari ini? Apakah kegiatan kita hari ini lebih banyak mendatangkan manfaat atau mudharat? Apakah lebih baik dari kemarin, sama saja atau malah lebih buruk?

Allah mengingatkan kita dalam Q.S. Al-Ashr ayat 1-3 tentang pentingnya memanfaatkan waktu dengan hal-hal yang bermanfaat.

1. Demi masa

2. Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian

3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasiharti untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kebajikan

Seringkali kita melakukan introspeksi dan perenungan setiap kita selesai melakukan kegiatan, namun pernahkah kita melakukan perencanaan terhadap waktu yang telah Allah berikan kepada kita? Apakah sudah optimal perencanaan yang kita buat dalam memanfaatkan waktu yang kita miliki?

Sesungguhnya perencanaan dalam melakukan sebuah kegiatan merupakan sebuah hal yang peting untuk dilakukan. Dengan  perencanaan yang matang kita bisa melakukan kegiatan kita dengan baik sehingga tidak akan ada waktu yang terbuang secara sia-sia.

Dalam surat tersebut Allah menyebutkan dua golongan manusia, yaitu orang-orang yang merugi dan orang-orang yang beruntung. Siapa sesungguhnya orang yang merugi? Yaitu orang-orang yang tidak menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya, termasuk orang yang tidak pernah melakukan perencanaan terhadap segala hal yang akan dilakukan. Sebaliknya orang yang beruntung adalah orang yang beriman, melakukan amal shaleh dan saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.

Semoga kita mampu menghayati dan mennerapkan makna dari pentingnya memanfaatkan waktu dengan melakukan perencanaan terhadaps egala hal yang akan kita lakukan.

Demikian pesan moral ini, semoga dapat bermanfaat.

Wassalammualaikum Wr.Wb.

 

Disampaikan oleh : Siti Rahmawati M.Psi, Psi / Dosen Psikologi