Seminar Psikologi “Kompetensi Dasar Tes Psikologi” Untuk Sarjana Psikologi

12 March 2014
1874 Views
Comments are off for this post

 IMG_7227 (1024x683)

Dalam mempersiapkan lulusan psikologi yang kompeten di bidangnya serta mampu memenangkan kompetisi ke depannya, Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Al Azhar Indonesia mengadakan Seminar Psikologi “Kompensasi Dasar Tes Psikologi” Untuk Sarjana Psikologi. Dengan narasumber Dr. Elmira N. Sumintardjo, Psikolog dan Dra. Eny Suwarni M.Si, Psikolog. Mengambil tempat di ruang 317C seminar ini dihadiri mahasiswa psikologi dari berbagai semester.

Seminar ini sendiri membahas bagaimana tes-tes psikologi dapat dilakukan. Di dalam melakukan tes psikologi, seorang lulusan psikolog, psikolog ataupun ilmuwan psikolog harus mampu memahami beberapa hal yang terkait dengan situasi yang dihadapi. Ada beberapa hal yang perlu dipahami sebelumnya agar tes psikilogi dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Diantaranya konsep serta acuan dalam mengadakan tes psikologi, validitas tes psikologi yang akan diterapkan, juga yang tidak kalah penting adalah kerahasian narasumber yang akan mengikuti tes psikologi tersebut.

Semua hal tersebut tentunya berkaitan juga dengan kode etik yang menjadi bagian terpenting bagi profesi psikolog. Seorang psikolog harus benar-benar paham dengan apa yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan. Terlebih lagi jika hal tersebut terkait dengan kerahasian narasumber yang mengikuti tes tersebut. Seorang psikolog juga tidak boleh lalai dalam menjaga alat tes yang mereka gunakan dalam melakukan tes psikologi.

Diharapkan dengan adanya seminar ini membuat para mahasiswa mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi kelangsungan pencarian ilmu mereka.

[nggallery id=185]