Kunjungan & Studi Banding Pondok Pesantren Daar El Qolam ke Universitas Al Azhar Indonesia

10 April 2014
3023 Views
Comments are off for this post

Ada banyak jalan menuju ke roma. Ada banyak juga cara dalam mencari pengetahuan yang kita butuhkan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan teknologi informasi. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dalam beberapa dekade belakangan ini, membuat manusia dapat menembus ruang dan waktu tanpa harus beranjak dari kamarnya. Melalui teknologi informasi yang ada kita dapat belajar mengenai kebudayaan sebuah bangsa hanya dari ponsel pintar yang kita miliki. Tema inilah yang diangkat oleh Prodi Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Al Azhar Indonesia dalam mengadakan seminar

Seminar yang mengundang siswa-siswi dari Pesantren Daar El Qolam ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai keterkaitan antara pendidikan dan teknologi informasi yang berkembang sekarang. Melalui pemamparan yang disampaikan oleh Kaprodi Sastra Arab Bapak Nur Hizbullah, S.Ag., M.Hum., siswa-siswi tersebut diajak untuk melihat bagaimana pemanfaatan teknologi informasi khususnya dalam dunia kesusastraan arab. Beliau memberikan gambaran perbandingan antara masanya belajar dengan sekarang. Menurut beliau pada masa lalu, beliau perlu menunggu hingga berbulan-bulan hanya untuk mendapatkan sebuah referensi buku berbahasa arab yang didatangkan langsung dari negaranya berasal. Kini, kita hanya perlu meluangkan waktu sejenak untuk browsing di dunia maya saat membutuhkan referensi yang kita butuhkan. Hal tentunya sangat mempermudah kita. Inilah yang menjadi perhatian Sastra Arab UAI.

Di Sastra Arab, kita mencoba menggunakan sumber kreatif lainnya selain buku dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Film, musik, siaran berita, hingga aplikasi merupakan alat yang dpat digunakan dalam mencari sumber ilmu. Sehingga diharapkan pada nantinya lulusan Sastra Arab UAI dapat lebih unggul saat bersaing dengan yang lainnya.

Acara yang diadakan pada tanggal maret 2014 mengambil tempat di ruang Arifin Panigoro lantai 3 UAI. Acara yang dihadiri kurang lebih 100 siswa-siswi Pesantren Daar El Qolam serta Kepala Sekolah, beberapa guru dan staf ini diharapkan dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi para tamu undangan tapi juga bagi civitas akademika.

[nggallery id=190]