KULIAH UMUM PRODI SASTRA JEPANG BERSAMA PT.ASTRA HONDA MOTOR

20 May 2014
2492 Views
Comments are off for this post

Pada hari Senin, tanggal 5 Mei 2014, Pusat Studi Jepang Universitas Al-Azhar Indonesia mengadakan Kuliah Umum dengan narasumber bapak Inuma Toshiyuki,  Presiden direktur  PT Astra Honda Motor (AHM).

Honda adalah perusahaan otomotif yang sudah mendunia selama 66 tahun. Pendiri PT Honda adalah Soichiro Honda yang kemudian namanya dijadikan nama perusahaan ini. Di perusahaan ini tidak ada penerus dari keluarga Soichiro Honda. Bagi beliau tidak penting siapa yang menjalankan manajemennya, yang terpenting adalah perusahaan tersebut memiliki manfaat bagi seluruh dunia. Berdasarkan keterangan dari Bapak Inuma, Bapak Soichiro Honda  memiliki aura semangat dan sangat ramah dikesehariannya serta sangat perduli terhadap kebersihan. Motto dari bapak Suichiro Honda adalah produk yang berkualitas baik dihasilkan oleh pabrik yang baik dan bersih.

Keberhasilan PT. Astra Honda Motor (AHM) saat ini adalah hasil kerja keras dari semua jajaran dengan selalu mengevaluasi kegagalan yang terjadi untuk kemudian dilakukan perbaikan (kaizen). Dalam perusahaan Honda, ada 2 kata yang penting, yaitu Yume: Mimpi dan Wakasa: Muda. Perusahaan Honda sangat mementingkan dan menghormati manusia. Pak Inuma juga menjelaskan bahwa, filosofi dan prinsip Honda adalah mendedikasikan pada kepuasan pelanggan. Selain itu ada 3 kebahagiaan bagi perusahaan Honda, yaitu :

  1. Buying:  Kepuasan pelanggan terhadap produk Honda yang berkualitas.
  2. Penjual: Kepuasan penjual yang menerima pujian terhadap  produk Honda, sehingga  mempengaruhi nilai jual.
  3. Desainer (R&D): Kepuasan desainer  karena mendapat pujian dari pihak pelanggan dan penjual.

Pada kuliah umum kali ini diperlihatkan berbagai macam produk – produk yang dibuat oleh Perusahaan Honda, dari yang ada di Indonesia hingga yang tidak ada di Indonesia. Seperti pesawat jet, Robot “Ashimo”, mesin pemotong rumput,dll.

Dengan banyaknya produk yang dihasilkan, maka kelancaran marketing sangat penting. Oleh karena itu, Pak Inuma berusaha untuk melihat sendiri, mendengar sendiri, serta berbicara langsung dengan orang lapangan dalam hal mengambil keputusan. Kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan strategi terpenting dalam penjualan, yaitu :

  1. Menjual pada orang-orang yang membutuhkan.
  2. Membangun jaringan di toko, dengan memberikan edukasi cara menggunakan motor yang aman untuk orang-orang yang membutuhkan.
  3. Menyediakan sparepart jika motor rusak (memberikan servis perbaikan).

Bagi perusahaan Honda tingginya market share adalah kebahagiaan mereka.

Perusahaan ini berusaha keras untuk  memenuhi kepuasan pelanggan di seluruh dunia, dengan membuktikan dua hal yaitu : kebersihan emisi, serta konsumsi bahan bakar seminimal mungkin.

Banyak orang beranggapan bahwa Honda merek mahal dan hanya cocok digunakan oleh orang yang berpenghasilan mapan. Karena hal inilah kini Honda memiliki cara memasyarakatkan merek Honda di kalangan anak muda dengan One Heart/Satu Hati. Iklan One Heart/Satu Hati yang ditampilkan di layar kaca memiliki pesan yang tersirat, yaitu: Anda sekarang adalah apa yang ingin anda lakukan di masa yang akan datang dan Honda ingin bermanfaat dan menjadi bagian dari anda.

Maya Halida Yani, Mahasiswi Sastra Jepang  angkatan 2012

 [nggallery id=201]